1919: Perjanjian Versailles Ditandatangani

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Kamis, 28 Jun 2018, 04:30 WIB Humaniora
1919:  Perjanjian Versailles Ditandatangani

wikipedia

PERJANJIAN Versailles adalah perjanjian damai yang secara resmi menandai berakhirnya Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah melewati enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian itu akhirnya ditandatangani pada 28 Juni 1919.

Salah satu hal paling penting yang dihasilkan perjanjian itu ialah Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan melalui aturan dari pasal 231-247, yakni harus melakukan perbaikan-perbaikan di negara-negara tertentu yang tergabung dalam sekutu.

Perjanjian itu menciptakan keadaan kondusif bagi pendirian Liga Bangsa-Bangsa yang menjadi sebuah tujuan utama Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson.
Liga Bangsa-Bangsa dimaksudkan untuk menengahi konflik-konflik internasional sehingga dapat mencegah terjadinya perang di masa depan. Aturan yang diterapkan terhadap Jerman pada perjanjian tersebut yakni penyerahan sebagian wilayah Jerman kepada beberapa negara tetangganya, pelepasan koloni seberang lautan dan Afrika, serta pembatasan pasukan militer Jerman yang diharapkan dapat menghambat Jerman untuk kembali memulai perang.

Karena Jerman tidak diizinkan untuk mengambil bagian dalam negosiasi, pemerintah Jerman mengirimkan protes dan menarik diri dari perundingan. Belakangan, Menteri Luar Negeri Jerman yang baru, Hermann Muller, setuju untuk menandatangani perjanjian pada 28 Juni 1919 dan perjanjian itu diratifikasi Liga Bangsa-Bangsa pada 10 Januari 1920.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More