1954:  PLTN Pertama Diresmikan

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Rabu, 27 Jun 2018, 06:10 WIB Humaniora
1954:  PLTN Pertama Diresmikan

wikipedia

PEMBANGKIT listrik tenaga nuklir pertama di du nia berlokasi di Ob ninsk, luar Moskow, diresmikan. Reaktor nuk lir itu digunakan sebagai pembang kit listrik.

Heralded Obninsk menjadi kota ilmiah utama Uni Soviet, sebuah status yang berhasil dipertahankan dalam Federasi Rusia setelah mendapatkan julukan

'Kota Ilmiah Rusia' pertama.

Populasi penduduk Obninsk 108 ribu orang saat itu. Saat ini, bangunan di sana berupa 12 lembaga penelitian ilmiah dan universitas teknik. Penelitian terfokus pada teknik energi nuklir, fi sika nuklir, teknologi radiasi, teknologi bahan nonlogam, radiologi medis, meteorologi, dan perlindungan lingkungan.

Sejak pembangkit itu dibuka, banyak industri beralih mengarah ke sana, bersama dengan negara-negara seperti India dan Tiongkok mencoba menggunakan tenaga nuklir.

Namun, dampak buruk dari penggunaan sumber energi yang tidak habis itu ialah adanya kecelakaan seperti yang terjadi di Chernobyl dan Kepulauan Three Mile.


 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More