Hari Tenang, Penyaluran Logistik Diintensifk an

Penulis: Dipi Gunawan Pada: Senin, 25 Jun 2018, 09:11 WIB Nusantara
Hari Tenang, Penyaluran Logistik Diintensifk an

ANTARA/Yusuf Nugroho
Petugas menurunkan alat peraga kampanye (APK) peserta pilgub Jateng di Jepara, Jawa Tengah, Minggu (24/6/2018)

PENDISTRIBUSIAN logistik untuk keperluan Pilkada Serentak 2018 di beberapa daerah dilakukan memasuk­i hari tenang. Diharapkan, H-1 atau pada 26 Juni, semua kebutuhan untuk pemilihan tersebut sudah siap di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan guna distribusikan ke tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi berencana mendistribusikan kebutuhan logistik untuk Pilgub Jawa Barat 2018 besok (Selasa, 26/6). KPU saat ini tengah melakukan pengecekan akhir sejak Sabtu (23/6) hingga Senin (25/6) yang melibatkan semua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan PPS.

“Pengecekan ulang logistik ini untuk memastikan ketepatan jumlah kebutuhan dan jenis logistik untuk semua PPS atau TPS yang ada di Kota Cimahi. Semuanya tidak ada kendala, jumlahnya sesuai. Kita minta KPPS bantu mengecek ulang supaya nanti tidak ada keraguan,” kata komisioner KPU Kota Cimahi, Sri Suasti, kemarin.

Pengecekan logistik meliputi seluruh isi yang ada di dalam kotak suara ataupun di luar kotak suara. Logistik yang ada dalam kotak suara di antaranya surat suara, beberapa jenis sampul, alat coblos, tinta, dan segel. Jumlah kotak suara sesuai dengan jumlah TPS, yakni sebanyak 983 plus 2,5%.

Logistik yang berada di luar kotak suara di antaranya ATK, tanda pengenal KPPS, petugas TPS, saksi, lem, dan tanda DPT. Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Hironimus Suardi, kemarin, juga mengatakan akan mendistribusikan logistik pilkada hari ini. “Besok (hari ini juga dilakukan gelar upacara penyerahan logistik pemilu ke tiap-tiap TPS di kantor KPU yang dihadiri petugas PPK tiap kecamatan dengan dikawal petugas kepolisian.”

Dari Cianjur, Jabar, dilaporkan KPU setempat memprioritaskan pendistribusian logistik pilgub sebagai antisipasi agar tepat waktu mengingat kondisi geografis sejumlah wilayah di selatan cukup jauh dan medannya susah diprediksi.

Sementara itu, KPU Banyumas, Jateng, telah merampungkan distribusi logistik ke tiap-tiap PPK untuk dikirimkan pada Senin (25/6) ke setiap PPS dan diteruskan ke TPS. 

Ketua KPU Kota Pangkalpinang Muhammad Yusuf mengatakan seluruh logistik pilkada Pangkalpinang sudah selesai disiapkan. “Semua logistik akan kita distribusikan sehari sebelum hari H,” ujarnya.

KTP-E ganda
Memasuki masa tenang, kemarin, beredar kabar puluhan KTP elektronik (KTP-E) ganda di Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Hal itu terungkap setelah seorang warga menerima KTP-E, padahal telah memiliki KTP-E sejak tiga bulan lalu.

KTP-E tersebut diketahui atas nama Adventino Satria Wibawa Tampubolon, 18, yang beralamat di Jalan Seskoau, Desa Lembang, yang diserahkan seseorang yang mengaku salah satu pendukung pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Bandung Barat. Ibu kandung Adventino, Rosmauli, mengungkapkan dirinya sempat bertanya kepada pemberi KTP-E tersebut, yang mengaku hal itu dilakukan atas perintah atasannya bernama Agus Tri yang bekerja di Pemkab Bandung Barat.

“Kami juga sempat merekam lewat video, ada puluhan KTP-E di tangan oknum tersebut yang belum sempat dibagikan,” ujarnya, kemarin. Rosmauli pun menunjukkan KTP-E asli milik anaknya yang fisiknya sama dengan KTP-E yang baru diterima anaknya tersebut. (JL/BB/LD/RF/N-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More