Selalu Ada Pelesir Baru di Libur Lebaran

Penulis: */M-1 Pada: Minggu, 24 Jun 2018, 03:40 WIB Weekend
Selalu Ada Pelesir Baru di Libur Lebaran

MI/IIS ZATNIKA

KEJUTAN-KEJUTAN itu muncul di sepanjang rute menuju dataran tinggi Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah. Bukan cuma restoran dan hotel yang kini membuat pelesir di sana komplit, melainkan juga wahana-wahana baru yang bermunculan.

Di sisi kiri, ada The Forest Island yang menawarkan wahana taman bunga warnawarni yang ditata apik warna-warni dan kolam renang. Dikebut pembangunannya sejak awal tahun agar bisa dibuka jelang Lebaran, destinasi ini dibuka sejak dua bulan lalu di atas lahan satu hektare dan setiap harinya dikunjungi sekitar 1.500 pelancong.

“Momen libur Lebaran sangat berharga, dan karena semua perizinan dan persyaratan juga lancar, maka target kami tercapai, The Forest Island berhasil menjadi salah satu destinasi favorit mereka yang ingin menikmati Baturaden,” ujar Manager The Forest Island, Endris Santoso, yang memimpin 40 anggota tim yang sesuai ketentuan, sedikitnya 70% berasal dari warga lokal.


Taman berfoto

Aneka anggrek, bakung, tulip, dan mawar, ditata rapi, dipadukan dengan pohon pelindung yang meneduhkan. Ada pula kanopi dan gazebo dengan tanaman merambat yang bisa menjadi latar belakang swafoto dan grup foto yang keren.

Sementara itu, kolam renang dengan atap pelindung, menjadi favorit anak-anak. Tersedia pula seluncuran yang mengarah pada kolam dan senantiasa menghadirkan teriakan ceria. Yang paling istimewa, ada kolam khusus buat kaum perempuan, lengkap dengan kamar bilasnya.

“Kami memiliki mata air sendiri sehingga seluruh air yang mengalir ke kolam-kolam di sini memang jernih dan bersih alami, tanpa obat-obatan dan kami ganti setiap sore. Kualitas dan keamanannya juga telah memenuhi ketentuan,” ujar Endris yang mematok tarif Rp20 ribu pada musim Lebaran ini, sudah termasuk tiket memasuki kolam renang.


Destinasi terbaru

Berjalan kaki dari The Forest Island, di seberangnya, ada wahana The Village yang jadi fovorit para pemburu latar indah buat berfoto. Lokasinya terdiri atas bangunanbangunan yang dirancang membawa kesan tentang kota yang tertata rapi.

Pun, ada berhektare-hektare tanah yang tengah dalam proses pengerjaan dan dikelilingi tulisan Mannayo Resort. Gairah kencang di industri wisata di Baturaden, kata Endris, bukan cuma bermodal popularitas Baturaden yang telah lebih dulu melegenda dan menjadi ikon Purwokerto, melainkan juga didukung pemerintah, khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah.

Pedal gas menuju pengembangan Baturaden, telah dirintis, salah satunya pada Maret tahun lalu dengan digelarnya fokus grup diskusi pembahasan potensi investasi sektor pariwisata se-Jawa Tengah di Ruang Rapat Serbaguna, Lantai 2 DPMPTSP, Provinsi Jawa Tengah, dipimpin Kepala Dinas Prasetyo Aribowo. Rapat dihadiri seluruh instansi terkait, mulai perencanaan pembangunan, energi dan sumber daya mineral, hingga perusahaan air bersih.

Profil investasi yang nantinya dihasilkan akan meliputi 8 kabupaten, termasuk Baturaden, Petung Kriyono, hingga Tlogo Tuntang dan Rawapening di Kabupaten Semarang.


Proyek pelesir

Khusus buat The Forest Island, berikutnya akan dikembangkan lima hektare di belakangnya untuk mewujudkan sebutan hutan karena akan dibangun berupa hutan kota.

Proyek lainnya yang juga dimiliki kelompoknya yang memang berfokus pada bisnis wisata di kawasan Banyumas ialah Dream Land di Ajibarang yang luasnya mencapai 12 hektare yang telah lebih dulu berdiri dan terbukti sukses serta Kampung Logawa di Karanglewas yang luasnya bahkan mencapai
20 hektare.

Di semua destinasi, bermain air, piknik bersama keluarga, hingga berfoto dengan latar seru menjadi aktivitas utamanya. Yuk ke Banyumas!

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More