Jelajah Kota dengan Jakarta Explorer

Penulis: */M-1 Pada: Sabtu, 23 Jun 2018, 23:20 WIB Weekend
Jelajah Kota dengan Jakarta Explorer

Dok. Pribadi

MUMPUNG masih liburan, yuk jalan-jalan keliling kota! Kamu yang tinggal di Jakarta, atau dari luar kota, bisa menjelalah Ibu Kota gratis lo.

Medi mencobanya pada akhir pekan lalu. Bisnya keren, tempat duduknya yang nyaman dan jendela kacanya lebar membuat kita dapat menikmati panorama kota dengan leluasa. Medi menaiki bis itu dari halte Museum Nasional yang populer disebut Museum Gajah.

Seusai kamu mengamati aneka prasasti, arca, dan cerita tentang kejayaan kerajaankerajaan Nusantara, tunggu saja bus di haltenya. PT Transportasi Jakarta yang mengelola layanan ini, dan juga seluruh jaringan Trans-Jakarta, menyediakan 18 bus tingkat gratis.Nama bus yang punya rute berbeda ini juga keren lo, Jakarta Explorer. Ada yang bertema sejarah Jakarta, Jakarta Baru, Kesenian dan Kuliner, Pencakar Langit serta Ruang Terbuka.


Kaca lebar

Seusai menikmati kesibukan Jakarta yang agak mereda di musim libur lebaran dari balik kaca bus, Medi tiba di halte Pecenongan buat menjajal terlebih dahulu rute bertema Sejarah Jakarta.

Turun sesaat kamu akan menikmati kawasan pecinan yang di malam hari meriah dengan aneka penjaja makanan yang sedap, mulai martabak berlapis cokelat hingga aneka makanan laut yang sebagian bahan bakunya diambil dari laut sekitar Jakarta.

Selanjutnya, ada Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) di kawasan Pasar Baru yang juga jadi ikon Ibu Kota. Pameran-pameran lukisan dan kriya dari seniman-seniman ternama ditampilkan dalam gedung bersejarah yang sangat terawat ini.

Halte yang dituju berikutnya ialah Masjid Istiqlal yang jadi kebanggaan Indonesia. Turun dari bus, kita harus berjalan beberapa ratus meter sebelum memasuki masjid legendaris ini. Biar pengalaman kamu tambah komplet, kamu bisa meminta penjelasan dari pemandu yang akan mengantar hingga lantai tertinggi.


Dengarkan penjelajahan

Pengemudi juga menjalankan Jakarta Explorer dengan piawai lo. Beliau didampingi fasilitas suara yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi serta pemandu yang juga dapat memberikan penjelasan.Jika ingin pengalaman komplit, kita juga bisa berpindah ke bus dari rute lain di halte Istiqlal ini.

Medi pun berpindah ke rute Jakarta Baru yang mengitari Monas, Balai Kota tempat Pak Gubernur Anies Baswedan bertugas, gedung pertokoan Sarinah yang legendaris, Plaza Indonesia. Nah, kalau kamu ingin tahu wisata kuliner, ada rute Balai Kota, Harmoni yang terletak di kota dan banyak tendanya, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia hingga Sawah Besar.

Jangan lupa, kamu menyetop Jakarta Explorer ini di halte bertuliskan bus stop dan Bus Wisata Trans-Jakarta ya. Jadi, berbeda dengan rute reguler. Siang ini, Medi mau jalan-jalan lagi, ah!

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More