Bangun Trans Jawa, Presiden Juluki Menteri PUPR sebagai Daendels Baru

Penulis: Abdus Syukur Pada: Jumat, 22 Jun 2018, 19:53 WIB Politik dan Hukum
Bangun Trans Jawa, Presiden Juluki Menteri PUPR sebagai Daendels Baru

MI/Abdus Syukur

PRESIDEN Joko Widodo menjuluki Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Daendels baru.

Julukan itu disampaikan Presiden Joko Widodo seusai peresmian tol Gempol-Pasuruan sepanjang 20,5 kilometer, di gerbang tol Pasuruan di Kelurahan Pohjentrek, kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/6).

"Ini ada Daendels baru. Dulu ada Daendels dari Anyer sampai Panarukan. Sekarang dari Banyuwangi sampai ke Merak," kata Presiden disambut senyum oleh Menteri PUPR Basuki yang mendampinginya.

Desain awal tol trans Jawa ialah dari Merak, Provinsi Banten, hingga Pasuruan di Jawa Timur. Oleh Presiden, tol trans Jawa diperpanjang menjadi Merak-Banyuwangi.

"Yang masih fungsional dan ada konstruksinya di situ masih dibangun diharapkan akhir tahun ini Merak-Pasuruan sudah rampung selesai. Kemudian dilanjutkan lagi ke Banyuwangi dan kita harapkan akhir 2019 rampung. Merak-Banyuwangi selesai, ini ada Daendels baru," ucap Jokowi.

Gubernur Hindia Belanda era 1808-1811, Herman Willem Daendels, mempelopori pembukaan jalur sepanjang 1.000 kilometer di pesisir utara Jawa dari Anyer sampai Panarukan. Jalur yang disebut Jalan Raya Pos atau kini dikenal jalur pantai utara (pantura) Jawa itu dibangun dalam tempo setahun, yakni pada 1808.

Kini, setelah lebih dari 200 tahun, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla berhasil menghadirkan ruas jalan baru yang membelah Pulau Jawa. (A-1)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More