Kemenhub: Mudik Gratis dengan Kapal Laut Berjalan Sukses

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Kamis, 21 Jun 2018, 22:39 WIB Nusantara
Kemenhub: Mudik Gratis dengan Kapal Laut Berjalan Sukses

ANTARA

PEMERINTAH dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menilai pelaksanaan arus mudik dengan kapal laut termasuk program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlaksana dengan sukses, baik dan lancar.

Kini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membidik hal yang sama untuk arus balik mudik dengan kapal laut khususnya mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Alhamdulillah pelaksanaan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Jakarta ke Semarang terlaksana sukses, baik dan lancar. Tidak ada permasalahan berarti yang ditemukan pada pelaksanaan mudik gratis sepeda motor tersebut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo lewat keterangan persnya, Kamis (21/6)

Agus mengatakan tingkat keterisian kapal mudik gratis yang berlangsung dari tanggal 9-13 Juni 2018 mencapai 78 persen dan hal ini telah melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yakni 60 persen.

Lebih lanjut, Agus mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti imbauan Pemerintah untuk mengutamakan keselamatan dan mengurangi beban jalan raya melalui partisipasinya di program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ujar Dirjen Agus.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Chandra Irawan mengatakan bahwa pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai pada tanggal 18 Juni sd.22 Juni 2018.

"Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Chandra menegaskan tingkat keterisian kapal mudik gratis cukup tinggi mengingat mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktifitas setelah libur lebaran, disamping itu untuk arus balik, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan hadiah door prize yang diundi di atas kapal di setiap pelayarannya.

"Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah door prize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti Televisi, Telepon genggam, voucer belanja dan lain sebagainya," ujar Chandra.

Menurutnya, jumlah keterisian kapal tertinggi ada di tanggal 20 Juni dan 22 Juni 2018 yang mencapai di atas 95 persen. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More