1633: Galileo Diadili

Penulis: History | BBC | Dok.mi Pada: Jumat, 22 Jun 2018, 05:00 WIB Humaniora
1633:  Galileo Diadili

wikipedia

GALILEO Galilei, astronom, matematikawan, dan fisikawan asal Italia abad ke-17, diajukan ke pengadilan gereja karena pemikirannya dianggap bertentangan dengan kebijakan gereja. Pada zaman itu gereja meyakini bumi ialah pusat alam semesta dan planet-planet lain berputar mengelilingi bumi.

Pada 1632, Galileo menulis buku yang menolak pandangan ilmuwan bernama Bartholomeus berkenaan dengan sistem tata surya. Dalam buku itu, Galileo mengemukakan hasil penelitiannya, yaitu mataharilah pusat tata surya dan bumi serta planet-planet lain berputar mengelilingi matahari.

Gereja menjatuhkan vonis kafir kepada Galileo dan mengancamnya dengan hukuman mati. Demi menghindari hukuman mati, Galileo menyatakan menarik pandangannya itu. Namun, ketika keluar dari pengadilan, dia mengatakan, 'Meskipun demikian, bumi tetaplah berputar'.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More