Sistem One Way Dimungkinkan Sampai Akhir Pekan

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Kamis, 21 Jun 2018, 21:32 WIB Megapolitan
Sistem One Way Dimungkinkan Sampai Akhir Pekan

ANTARA

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih akan memberlakukan sistem one way (satu arah) di beberapa titik jalan tol arah Jakarta, jika terjadi kepadatan kendaraaan. Sistem ini masih akan diberlakukan hingga puncak arus balik gelombang kedua, akhir pekan ini

"Sangat mungkin diterapkaan lagi (one way) sampai akhir pekan ini," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Benyamin saat dihubungi, Kamis (21/6)

Ia menyebut, kepadatan di ruas jalan tol akibat arus balik Lebaran 2018 masih akan terus terjadi sampai dengan Minggu (24/6).

Kebijakan one way menjadi langkah Polri untuk mengurai kemacetan saat arus balik. Kebijakan itu sempat dikeluhkan oleh masyarakat, terutama yang terkena imbas macet.

Menanggapi hal itu, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana mengatakan para pemangku kepentingan di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) menggunakan beberapa tahapan dalam mengatur lalu lintas mudik dan balik Lebaran 2018.

Penerapan one way dan contra flow, ujarnya, telah melalui tahapan-tahapan yang terpantau secara virtual dan aktual. "Kemudian diambil kesepakatan bersama untuk tindakan prioritas," ujar Chrsyhnanda.

Ia menjelaskan, memprioritaskan pengaturan di jalan tol ini merupakan solusi kemanusiaan. Ia mengakui, kebijakan itu tidak bisa semata-mata hanya menjadikan lalu lintas menjadi lancar.

"Secara umum, kami mohon maaf karena masalah lalu lintas sangat kompleks dan harus ditangani secara holistik atau sistematik. Dalam mengatur lalu lintas itu sendiri memang harus ada prioritas dengan dasar pertimbangan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran," ujarnya. (OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More