17 Oktober, Kanada Legalkan Ganja

Penulis: Anata Syah Fitri Pada: Kamis, 21 Jun 2018, 19:04 WIB Internasional
17 Oktober, Kanada Legalkan Ganja

AFP/Jeff Vinnick

PERDANA Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan marijuana untuk penggunaan rekreasional akan dilegalkan di negara tersebut pada 17 Oktober. Dalam pernyataan pers yang disampaikannya pada Rabu (20/6) itu, Trudeau mengakui tanggal itu ditetapkan karena sejumlah provinsi perlu waktu lebih untuk mengimplementasikan aturan baru itu dari waktu yang awalnya diperkirakan.

"Kami mendapatkan laporan dari provinsi-provinsi dan sejumlah wilayah bahwa mereka butuh waktu lebih untuk transisi ke kerangka kerja baru ini. Maka pemerintah akan terus bekerja dalam kemitraan penuh dengan mereka untuk memastikan implementasi hukum baru ini teratur dan lancar di seluruh penjuru Kanada," ujarnya. 

Pengumuman itu disampaikan setelah proses voting bersejarah di Senat pada Selasa (19/6) untuk meloloskan legislasi pemerintah Undang-undang C-45 tentang pelegalan marijuana. 

Undang-Undang tersebut masih harus menerima persetujuan pihak Kerajaan (Royal Assent) yang dijadwalkan pada Kamis (21/6) pagi ini. Trudeau mengatakan meski pelegalan itu merupakan proses dan bukan hal yang bisa dikerjakan dalam sehari, dia berharap bahwa ketika tanggal pemberlakuan aturan baru itu, seluruh stakeholder akan siap melaksanakannya.  

Aturan ini dikeluarkan Kanada setelah setahun penuh melakukan kajian, baik di pemerintah maupun di Senat. Undang-Undang itu akhirnya diloloskan setelah proses legislatif final, melewati voting 52 anggota setuju, 29 menolak, dan dua lainnya tidak hadir. 

Juru bicara pemerintah mengenai masalah ganja, Bill Blair mengatakan tanggal pemberlakuan aturan tersebut dimundurkan dari rencana awal setah sejumlah diskusi dengan provinsi dan wilayah. Oleh karena mereka memiliki kewenangan untuk menetapkan regulasi di yurisdiksi mereka sendiri, maka waktu tambahan ini akan memungkinkan mereka untuk melakukan persiapan final dari perusahaan ritel dan membangun sistem online. 

"Kami sangat menghargai usaha yang dilakukan semua orang, tapi saya pikir orang Kanada mengharapkan kami untuk melakukan ini dengan cara yang bertanggung jawab dan memang itulah yang akan kami lakukan," ujar Blair. (CTV/OL-5) 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More