KM Dobonsolo Angkut Ribuan Pemudik Gratis Kembali ke Jakarta

Penulis: Akhmad Safuan Pada: Rabu, 20 Jun 2018, 17:05 WIB Nusantara
KM Dobonsolo Angkut Ribuan Pemudik Gratis Kembali ke Jakarta

ANTARA FOTO/R. Rekotomo

RIBUAN penumpang arus balik ke Jakarta menggunakan KM Dobonsolo secara gratis melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Rabu (21/6). Namun, puncak arus balik menggunakan kapal laut gratis diperkirakan baru besok (Kamis. (22/6).

Pemantauan Mediaindonesia.com di Semarang, ribuan calon penumpang sejak Rabu (21/6) pagi hingga jelang sore memenuhi Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Mereka mengantre di depan meja pendaftaran sambil menunjukkan KTP dan STNK sepeda motor.

Sebagian yang telah mendapat tiket gratis dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, mulai menaiki kapal motor (KM) Dobonsolo yang telah sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas sejak pagi, sedangkan di sisi lainnya petugas tampak sibuk memasukan dan mengatur sepeda motor yang dibawa penumpang.

''Rencana KM Dobobsolo ini akan berangkat ke Tanjung Priok pada pukul 16.00 WiB dengan membawa ribuan penumpang dan motor secara gratis,'' kata seorang petugas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Seorang calon penumpang Marminah, 40, warga Ambarawa, Kabupaten Semarang mengatakan mudik gratis menggunakan kapal laut ini merupakan pengalaman berharga, selain lebih hemat juga lebih aman. ''Saya bersama suami dan satu anak hanya menempuh perjalanan 30 kilometer (dari pelabuhan) sudah sampai kampung halaman,'' katanya.

Supervisor Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Sularyo mengatakan KM Dobonsolo berkapasitas 6.000 penumpang dan 2.000 motor ini merupakan kapal pertama yang akan mengangkut penumpang arus balik Lebaran.

''Mereka sudah mendaftarkan sebelumnya melalui online, namun jika masih mencukupi penumpang yang langsung ke pelabuhan dapat langsung dilayani untuk ikut balik srcara gratis,'' ujar Sularyo.

Puncak arus balik penumpang kapal secara gratis, lanjut Sularso, diperkirakan akan terjadi Kamis (21/6). Pada hari itu telah disiapkan 11 kapal masing-masing berkapasitas 500-600 orang berikut sepeda motor, telah siap melayani arus balik dengan tujuan Tanjung Priok.(X-10)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More