Ekonom: Peningkatan Perputaran Uang Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Penulis: Annisa Ayu Artanti Pada: Selasa, 19 Jun 2018, 10:59 WIB Ekonomi
Ekonom: Peningkatan Perputaran Uang Dorong Pertumbuhan Ekonomi

ANTARA/Basri Marzuki

EKONOM Bank Permata Josua Pardede mengungkapkan perputaran uang pada saat Idulfitri 1439 Hijriah terlihat meningkat. Peningkatan perputaran uang terjadi karena konsumsi masyarakat cenderung naik khususnya masyarakat yang mudik ke kampung halaman.

"Tren peningkatan perputaran uang tersebut tercermin dari data pengedaran uang," kata Josua, kepada Medcom.id, di Jakarta, Selasa (19/6).

Josua menuturkan penggunaan uang kartal oleh masyarakat meningkat sejalan dengan meningkatnya berbagai indikator peredaran uang seperti jumlah uang beredar (UYD) dan net aliran uang kartal yang keluar dari Bank Indonesia (BI) ke perbankan dan masyarakat (net outflow). 

Meski demikian, Josua memperkirakan, aliran uang kartal yang masuk dari perbankan atau masyarakat ke Bank Indonesia cenderung kembali normal dan meningkat pada bulan berikutnya. Dirinya menilai perputaran uang yang meningkat ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Pada Hari Raya diperkirakan mendorong sektor perhotelan dan restoran khususnya bagi daerah tujuan mudik serta tujuan wisata mengingat libur dan cuti bersama yang cukup panjang," jelas dia.

Aktivitas ekonomi daerah yang meningkat, masih kata Josua, tercermin dari jumlah penumpang transportasi udara dan transportasi darat antarkota yang meningkat serta kenaikan tarif transportasi sepanjang Juni ini.

"Jadi secara keseluruhan, faktor musiman Idulfitri diperkirakan mendongkrak perekonomian nasional," pungkas dia. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More