Pascalebaran, Pasien Diare Padati Rumah Sakit

Penulis: Lina Herlina Pada: Selasa, 19 Jun 2018, 10:55 WIB Nusantara
Pascalebaran, Pasien Diare Padati Rumah Sakit

ANTARA/Idhad Zakaria

PENYAKIT pascalebaran mulai dialami warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dari pantauan di dua rumah sakit, pasien penderita diare dan demam meningkat di Rumah Sakit Labuang Baji dan RSUD Daya Makassar, Selasa (19/6).

Direktur RS Labuang Baji, Andi Mappatoba membenarian hal itu. Menurutnya, hingga hari ketuga pascalebaran, penderita diare dan demam yang masuk rata-rata 10 hingga 20 pasien per hari.

"Untungnya pelayanan kami tetap buka meski hari libur. Jadi pasien yang masuk tetap kita layani semuanya. Petugas juga kami liburkan bergantian, demi pelayanan maksimal bagi warga," katanya, meski tidak menyebutkan berapa jumlah penderita diare dan demam yang ditangani hingga Selasa (19/6) ini.

Hal yang sama terjadi di RSUD Daya Kota Makassar. Meski di depan layanan terlihat sepi, tapi ternyata pasien diare dan demam yang ditangani hingga hari ketiga pascalebaran Idulfitri mencapai 127 orang.

Humas RSUD Daya Wisnu Maulana menjelaskan, jika layanan rumah sakit tidak pernah tutup, utamanya unit atau instalasi gawat darurat tetap buka 24 jam.

Hingga hari ini saja, pasien diare yang rawat inap di RSUD Daya sebanyak 85 orang, pasien demam 42 orang dan pasien dispepsia 43 orang.

"Pasien yang masuk tidak perlu pakai rujukan. Bagi pengguna manfaat BPJS, jika aktif langsung bisa masuk. Untuk pengguna Jamkesda karena hari libur maka cukup SKTM dari RT/RW," seru Wisnu. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More