Transaksi Terbatas hanya Layani Setoran

Penulis: Fetry Wuryasti Pada: Selasa, 19 Jun 2018, 02:00 WIB Nusantara
Transaksi Terbatas hanya Layani Setoran

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

PERBANKAN menyelenggarakan layanan terbatas selama masa libur Lebaran 2018. Beberapa kantor cabang dibuka, tapi hanya bisa memberikan layanan terbatas, seperti menerima setoran uang yang didominasi korporasi.

Sementara itu, transaksi lain, seperti pengiriman uang atau kliring antarbank, baru bisa dilakukan saat bank beroperasi penuh pada Kamis (21/6).

Berdasarkan pantauan Media Indonesia Senin (18/6)  di KC Mandiri Depok, terlihat antrean nasabah cukup panjang  di layanan reguler setor pada petugas teller. Antrean panjang sudah terjadi sejak Rabu (13/6) atau H-3 Lebaran.

Manager Cabang Bank Mandiri Jatijajar Depok, Q Faizah, mengatakan pada layanan terbatas kali ini, customer service hanya melayani pemblokiran kartu dan penggantian buku tabungan, sedangkan teller hanya melayani setoran yang 80% berasal dari korporasi, seperti setoran SPBU untuk bensin Pertamina, juga korporasi BUMN cabang yang menyetor kepada BUMN pusat.

“Untuk transfer antarbank yang harus dilakukan dan real time gross settlement (RTGS) belum bisa karena harus melalui Bank Indonesia. BI juga belum buka normal seperti biasanya,” ujar Faizah saat ditemui di Depok, Senin (18/6)

Dia mengakui pihaknya juga terbantu dengan adanya cash deposit machine (CDM) sebanyak 15 unit yang tersebar di Depok. Bank Mandiri KC Depok sendiri membawahkan 29 kantor cabang pembantu di sekitar Depok.

Normalnya, di Bank Mandiri Kantor Cabang Depok bertugas enam teller dan melayani 200 transaksi tiap teller. Namun, di musim Lebaran ini, kata Faizah, transaksi bisa mencapai 2.000, dengan 6 teller dan 4 customer service.

Transaksi nontunai
Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk memperkirakan transaksi nontunai dengan menggunakan kartu kredit melonjak sekitar 30% selama momentum libur panjang Lebaran 2018.

“Untuk kartu kredit, saat Lebaran ini potensi transaksi belanja lebih besar,” kata Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo ketika meninjau operasional layanan terbatas di BNI Denpasar, akhir pekan lalu.

Menurut dia, prediksi tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai kisaran 20%-25%.

Meski jumlah kartu kredit saat ini mencapai sekitar 1,7 juta, volume transaksinya diperkirakan lebih besar jika dibandingkan dengan penggunaan kartu debit dengan jumlah kartu mencapai sekitar 18 juta.

Selama libur panjang Lebaran, Bank BUMN itu mendorong nasabah mengoptimalkan pemanfaatan layanan kanal elektronik. Salah satunya ialah dengan transaksi nontunai tersebut.

Selain melalui anjungan tunai mandiri, layanan elektronik yang bisa dimanfaatkan ialah layanan lain perbankan melalui laman dalam jaringan (internet), pesan singkat, telepon seluler, hingga agen yang jumlahnya mencapai 3.605 agen.

BNI membuka 205 gerai di seluruh Indonesia untuk memberikan  layanan terbatas selama libur Lebaran. (Ant/E-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More