Jelang Lebaran, Pramuka Ajak Anak Yatim Belanja di Supermarket

Penulis: Micom Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 21:52 WIB Humaniora
Jelang Lebaran, Pramuka Ajak Anak Yatim Belanja di Supermarket

Dok Pramuka

KWARNAS Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan amal dengan mengajak puluhan anak yatim piatu untuk berbelanja di sebuah supermarket di kawasan Cawang, Jakarta Timur, pada Kamis (14/6).

Dalam kegiatan ini, sekitar 30 anak yatim piatu diberi voucher belanja senilai Rp300 ribu. Mereka bebas memilih barang apa saja dengan nilai nominal tersebut. Selain itu, setiap wali anak yatim juga diberi paket sembako senilai Rp300 ribu.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Eko Sulistio menjelaskan, agenda belanja bersama anak yatim piatu ini sudah masuk tahun ketiga Kwarnas Gerakan Pramuka di era kepemimpinan Adhyaksa Dault. Acara ini diselenggarakan setiap bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Paket yang disediakan untuk 100 orang, diberi dalam bentuk voucher uang, sehingga mereka di sini salah satunya melatih mereka belanja. Dia bisa ngitung belanja dan dia bisa bijak menggunakan uang yang ada. Mereka dapat dana kebutuhan belanja lebaran," ujar Eko Sulistio di sela-sela kegiatan.

Dengan begitu, tegas Eko, mereka dilatih untuk belanja produktif. Mereka memilih sendiri apa yang akan dibeli dan dilatih agar dapat bijaksana dalam mengelola keuangan.

"Ini bermanfaat sekali, untuk saudara kita yang yatim piatu. Semoga bisa menginspirasi Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka se-Indonesia, bahkan masyarakat untuk selalu empati kepada anak yatim piatu," ucapnya.

Eko mengungkapkan, mereka rata-rata belum pernah belanja di supermarket. Pasalnya, bapak dan ibunya sudah tidak ada. Mereka mengaku bahagia diajak Pramuka belanja untuk menyambut Lebaran.

Auliya Rasidah, salah seorang anak yatim mengaku sangat bahagia dan baru pertama kali belanja di pusat perbelanjaan seperti tersebut. Hal yang sama juga dirasakan anak yatim kelas 1 SMP, Ibnu Habib Hidayatullah. Ia mengaku tidak akan melupakan bantuan dari Pramuka ini. "Semoga lebih sukses Pramuka," doa dia.

Kegiatan ini dibantu oleh beberapa donatur yang kebanyakan atas nama individu. Kegiatan ini juga dibantu Pramuka Kwartir Ranting Kramatjati dan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kramatjati.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault sangat terharu dengan kegiatan ini. "Saya berterima kasih kepada pembina-pembina pramuka, guru-guru dan orang tua yang telah mendidik adik-adik Pramuka punya jiwa sosial yang tinggi, ini modal besar bagi Indonesia," pungkasnya.(RO/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More