Hacker Bisa Gunakan Cortana untuk Bobol Windows 10

Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia Pada: Jumat, 15 Jun 2018, 03:30 WIB Teknopolis
Hacker Bisa Gunakan Cortana untuk Bobol Windows 10

thinkstock

MICROSOFT telah merilis update keamanan untuk Windows 10 dengan tujuan mencegah hacker meretas komputer via Cortana.

Asisten digital Microsoft ada di setiap versi dari Windows 10 dan peneliti keamanan McAfee menemukan bahwa Cortana bisa diaktifkan dari lock screen untuk menjalankan malware.

Menurut laporan The Verge, seorang hacker yang memiliki akses fisik ke sebuah komputer akan bisa meminta Cortana untuk mengakses file dari USB dan menjalankan program yang ada pada USB tersebut.

File yang dijalankan oleh Cortana bisa jadi sebuah program atau skrip Powershell yang bisa digunakan untuk mengubah password akun Windwos 10.

Serangan ini memanfaatkan kemampuan Cortana yang selalu mendengarkan perintah bahkan ketika komputer Windows 10 berada dalam keadaan terkunci.

Selain itu, serangan ini juga memanfaatkan fakta bahwa Windows 10 secara rutin merapikan file agar file-file tersebut tersedia dalam antarmuka pencarian Cortana.

McAfee merekomendasikan untuk mematikan Cortana dari lock screen. Memang, Microsoft telah memberikan patch untuk menutup kelemahan terbaru ini. Namun, ada kemungkinan banyak komputer yang tidak segera mendapatkan update tersebut. (medcom/OL-7)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More