Hacker Bisa Gunakan Cortana untuk Bobol Windows 10

Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia Pada: Jumat, 15 Jun 2018, 03:30 WIB Teknologi
Hacker Bisa Gunakan Cortana untuk Bobol Windows 10

thinkstock

MICROSOFT telah merilis update keamanan untuk Windows 10 dengan tujuan mencegah hacker meretas komputer via Cortana.

Asisten digital Microsoft ada di setiap versi dari Windows 10 dan peneliti keamanan McAfee menemukan bahwa Cortana bisa diaktifkan dari lock screen untuk menjalankan malware.

Menurut laporan The Verge, seorang hacker yang memiliki akses fisik ke sebuah komputer akan bisa meminta Cortana untuk mengakses file dari USB dan menjalankan program yang ada pada USB tersebut.

File yang dijalankan oleh Cortana bisa jadi sebuah program atau skrip Powershell yang bisa digunakan untuk mengubah password akun Windwos 10.

Serangan ini memanfaatkan kemampuan Cortana yang selalu mendengarkan perintah bahkan ketika komputer Windows 10 berada dalam keadaan terkunci.

Selain itu, serangan ini juga memanfaatkan fakta bahwa Windows 10 secara rutin merapikan file agar file-file tersebut tersedia dalam antarmuka pencarian Cortana.

McAfee merekomendasikan untuk mematikan Cortana dari lock screen. Memang, Microsoft telah memberikan patch untuk menutup kelemahan terbaru ini. Namun, ada kemungkinan banyak komputer yang tidak segera mendapatkan update tersebut. (medcom/OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More