Bayi yang Disusui ASI Tidak Mudah Terkena Alergi

Penulis: Nia Deviyana Pada: Jumat, 15 Jun 2018, 00:30 WIB Kesehatan
Bayi yang Disusui ASI Tidak Mudah Terkena Alergi

thinkstock

KOMPOSISI unik gula kompleks dalam ASI dapat mencegah anak-anak dari alergi makanan di masa depan, sebuah manfaat yang tidak akan ditemukan pada susu formula.

Human milk oligosaccharides (HMO) adalah molekul gula yang rumit secara struktural, dan merupakan komponen padat ketiga yang paling banyak dalam ASI setelah laktosa.

Molekul tersebut sebenarnya tidak dapat dicerna oleh bayi, tetapi bertindak sebagai prebiotik untuk membantu memandu perkembangan mikrobiota usus bayi-yang memberi pengaruh terhadap alergi.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Allergy dan tes kulit pada usia satu tahun menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI tidak menunjukkan kepekaan terhadap alergen makanan.

Adapun komposisi HMO dalam ASI bervariasi dan ditentukan oleh faktor-faktor seperti tahap laktasi, usia kehamilan, kesehatan ibu, etnis. lokasi geografis, dan ekslusifitas menyusui, para peneliti mencatat.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI memiliki risiko yang lebih rendah untuk berbagai kondisi medis seperti mengi, infeksi, asma, dan obesitas. (medcom/OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More