Hierro Tetap Pada Strategi Awal

Penulis: Nurul Fadillah Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 12:39 WIB Sepak Bola
Hierro Tetap Pada Strategi Awal

AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

TEPAT tiga hari sebelum Spanyol memulai pertarungannya di laga Grup B Piala Dunia 2018 melawan Portugal akhir pekan nanti, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengeluarkan keputusan yang sangat beresiko. Mereka memecat pelatih utama Julen Lopetegui yang kedapatan menjadi pelatih baru Real Madrid menggantikan Zinedine Zidane.

Setelah mengeluarkan keputusan kontroversial tersebut, RFEF memutuskan untuk melimpahkan tanggung jawab kepelatihan sepenuhnya pada Direktur Olahraga Timnas Spanyol Fernando Hierro. Hierro resmi ditunjuk sebagai arsitek tim berjuluk La Furia Roja tersebut pada Rabu, 13 Juni 2018.

Pelatih baru La Furia Roja itu pun mengaku tak bisa berbuat banyak di waktu yang singkat menjelang duel melawan Portugal.

"Kalian tentu tidak bisa menyentuh dalam dua hari apa yang sudah dikerjakan selama bertahun-tahun. Kami tahu laga pertama sudah sangat dekat dan kami harus tetap cerdas dan mengacu pada apa yang sudah dilakukan sebelumnya, tidak akan ada waktu untuk mengubah apapun," ujar eks-bek Real Madrid tersebut.

Hierro menambahkan, tak akan ada perubahan pada permainan timnya kali ini. Dirinya akan tetap menggunakan strategi awal yang sudah dirangkai oleh eks pelatih Lopetegui.

"Kami telah menyaksikan video menjelang pertandingan melawan Portugal dan dengan menggunakan akal kami saat ini, dan pertandingan melawan Portugal nanti memang tidak ada ruang untuk melakukan perubahan. Saya telah berada di semua sesi latihan hingga hari ini dan saya tidak bisa mengubah apapun dalam dua hari ini," lanjut pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Sebelumnya, Real Madrid mengumumkan penujukan Lopetegui sebagai suksesor Zidane beberapa hari menjelang Spanyol memulai perburuan gelarnya di Piala Dunia. Hal ini jelas memicu kemarahan RFEF yang menganggap Lopetegui lalu dalam memberitahukan keputusannya memperkuat Los Blancos hingga akhirnya berujung pada pemecatan.

Keputusan ini sangatlah ironis mengingat Lopetegui baru saja mendapatkan perpanjangan kontrak dari RFEF hingga 2020 mendatang. Di bawah arahan Lopetegui, peluang La Furia Roja meraih prestasi cemerlang di Piala Dunia terbuka lebar.

Selama dua tahun terakhir, La Furia Roja tercatat tidak pernah kalah dengan rekor 14 kemenangan dan 6 imbang. Sayangnya, nasib La Furia Roja saat ini tentu tak meyakinkan seperti saat dilatih Lopetegui.

Pasalnya, dibandingkan Lopetegui, Hierro terbilang masih minim pengalaman dalam melatih. Sebelum menukangi timnas, karir terapik Hierro hanya sebatas membantu Real Oviedo mencapai papan tengah klasemen akhir Segunda Division 2016/2017 lalu.

Pengalaman sepak bola Hierro ia dapatkan secara personal saat menjadi pemain. Mantan bek timnas Spanyol dan Los Blancos tersebut pernah terlibat dalam empat edisi Piala Dunia dan memenangkan tiga gelar Liga Champions di puncak karirnya sebagai pemain. (irishexaminer/OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More