Merak Alami Puncak Mudik H-3, 175 Ribu Orang Melintas

Penulis: Antara Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 12:17 WIB Nusantara
Merak Alami Puncak Mudik H-3, 175 Ribu Orang Melintas

ANTARA/Asep Fathulrahman

PUNCAK arus mudik Lebaran 2018 di Pelabuhan Merak, Banten, terjadi pada H-3 atau Selasa (12/6) malam hingga Rabu (13/6) dini hari.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Kerja VIII Banten Johny Siagian di Merak, Kamis mengatakan, pada H-3 Idul Fitri 1439 H tercatat lebih dari 175 ribu orang menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Berdasarkan data yang dihimpun dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, jumlah pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak ke Pulau Sumatera dari Selasa (12/6) pukul 08.00 WIB hingga Rabu (13/6) pukul 08.00 WIB sebanyak 175.803 orang yang terdiri dari pejalan kaki sebanyak 32.763 orang dan di atas kendaraan sebanyak 143.040 orang.

Sedangkan kendaraan yang menyeberang sebanyak 42.058 unit dengan rincian roda dua sebanyak 25.697 unit, roda empat 15.317 unit, bus 640 unit, dan truk 404 unit. "H-3 memang puncaknya," kata Johny Siagian.

Menurutnya, pada H-3 tersebut volume kendaraan meningkat sangat cepat. Secara bersamaan gelombang pemudik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih terjadi mulai Selasa sekitar pukul 23.00 WIB. Khusus kendaraan roda dua, kurang dari satu jam jumlahnya sudah mencapai seribu unit yang masuk ke Dermaga VI.

Untuk mengatur alur lalu lintas pemudik menggunakan sepeda motor, kata dia, BPTD dan PT ASDP Indonesia Ferry membagi para pemudik ke lima kanal, satu kanal bisa memuat ratusan sepeda motor. "Secara bergantian, kanal akan dibuka untuk mendistribusikan pemudik ke kapal," kata dia.

Kendati Dermaga VI menjadi dermaga prioritas untuk pemudik menggunakan sepeda motor, dalam kondisi tertentu pemudik yang menggunakan motor didistribusikan ke dermaga lain.

Agar lalu lintas pemudik lancar, kata dia, sebanyak 25 kapal besar pun dioperasikan. Kapal berkapastias di atas 8.000  GT tersebut bisa menampung dua ribu kendaraan roda dua dan sekitar 400 kendaraan roda empat. Selain kapal besar, kapal berukuran sedang pun dioperasikan di Dermaga IV.

Dijelaskan Johny, H-3 menjadi puncak arus mudik karena banyak perusahaan swasta yang baru memberikan waktu libur pada hari itu, sehingga malam harinya, para karyawan atau buruh baru bisa melakukan perjalanan mudik. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More