Gelapkan Pajak, Menteri Kebudayaan Spanyol Mundur

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 10:41 WIB Internasional
Gelapkan Pajak, Menteri Kebudayaan Spanyol Mundur

Menteri Kebudayaan dan Olahraga Spanyol Maxim Huerta -- AFP PHOTO / JAVIER SORIANO

MENTERI Kebudayaan dan Olahraga Spanyol Maxim Huerta, Rabu (13/6), mengundurkan diri setelah diketahui dirinya pernah didenda karena melakukan penggelapan pajak. Ini merupakan pukulan telak bagi pemerintah Spanyol yang baru berkuasa selama sepekan.

Perdana Menteri Pedro Sanchez menggulingkan Mariano Rajoy lewat mosi tidak percaya pada 1 Juni di parlemen terkait dakwaan korupsi terhadap seorang pejabat senior Partai Populer.

Sanchez meraih pujian dari berbagai penjuru dunia setelah menyusun kabinet yang terdiri dari mayoritas menteri perempuan serta menawarkan diri untuk menerima 629 imigran setelah Italia dan Malta menolak menerima mereka.

Namun, serangkaian pemberitaan positif itu berakhir pada Rabu (13/6) ketika laman daring El Confidencial melaporkan bahwa Huerta, penulis dan selebritas televisi, menggelapkan pajak sebesar 218.322 euro antara 2006 dan 2008 dengan menggunakan sebuah perusahaan cangkang.

Sebuah pengadilan, tahun lalu, memerintahkan Huerta membayar sebesar 360 ribu euro kepada kantor pajak, jumlah pajak yang digelapkannya plus bunga.

"Saya mengundurkan diri," ujar Huerta dalam konferensi pers yang diadakan sepekan setelah dia dilantik pada 7 Juni.

Media massa Spanyol melaporkan bahwa masa jabatan Huerta merupakan yang terpendek sepanjang sejarah Spanyol. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More