Jamaah An-Nadzir Sudah Gelar Salat Id

Penulis: Antara Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 09:31 WIB Nusantara
Jamaah An-Nadzir Sudah Gelar Salat Id

ANTARA/Abriawan Abhe

RATUSAN jamaah An-Nadzir yang bermukim di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (14/6) melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijiriah. Salat Id itu digelar lebih dulu dibandingkakan keputusan pemerintah yang baru menetapkannya pada Jumat (15/6).

"Kami menetapkan 1 syawal jatuh hari ini berdasarkan pengamatan air pasang puncak. Sebenarnya akhir Ramadan jatuh pada Rabu (13/6), hanya saja dari pengamatan puncak serta laporan posko dari Kolaka, Palopo hingga Batam, seluruh jamaah An-Nadzir Lebaran hari ini," ujar Juru Bicara An-Nadzir, Ustaz Lukman A Bakti di Gowa, Kamis (14/6).

Menurutnya, hasil pengamatan yang diyakini melalui metode hisab dan rukyat, terlihat bulan terbit sekitar pukul 13.00 WITA, sehingga untuk menentukan perpindahan bulan dari Ramadan ke Syawal dilakukan peneropongan bulan dan melihat tanda-tanda alam seperti pasang air laut.

Sejak tiga hari menjelang akhir Ramadan, lanjut dia, pemantauan air pasang laut dan pergerakan bulan terus diamati, sehingga pada Kamis (14/6) ditentukan sebagai akhir Ramadan atau masuk 1 Syawal setelah dilakukan musyawarah pada sidang isbat.

"Awalnya diprediksi Rabu, namun berdasarkan pengamatan bulan dan air pasang bila dilihat garisnya mengunakan kain tipis maka sangat jelas, sehingga kami yakin sudah masuk bulan Syawal," tambahnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More