Pandai Bicara setelah Ikut MLM

Penulis: (Wnd/M-4) Pada: Kamis, 14 Jun 2018, 10:15 WIB Humaniora
Pandai Bicara setelah Ikut MLM

MI/ ADAM DWI

AKTIVITAS Novi Wahyuningsih tak hanya di dunia bisnis dan politik. Perempuan kelahiran 6 November 1991 itu juga aktif di dunia sosial melalui Yayasan Ayober Cakrawala miliknya. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), mendukung kegiatan olahraga, serta memberikan seminar motivasi.

“Pelatihan UMKM terbuka bagi semua kalangan. Saat ini saya sedang membangun pendopo juga sebagai tempat pela­tihan. Untuk bantuan, kami akan melakukan validasi terlebih dahulu, apakah layak dibantu atau tidak,” kata perempuan yang sempat bercita-cita menjadi pembalap itu.

Kontribusi lain diberikan Novi dengan merekrut anggota tim yang berasal dari daerah asalnya. Lulusan SMA sederajat menjadi pilihan Novi karena masih memiliki keinginan kuat untuk belajar, bukan cari duit semata. Novi pun kerap memberikan buku dan mendaftarkan kursus kepada timnya agar memiliki kemampuan yang semakin mumpuni. Sekitar 40% anggota tim di Callind berasal dari wilayah Kebumen.

Novi mengakui awalnya dia orang yang pendiam. Hidupnya berubah setelah mengikuti bisnis model multi-level marketing (MLM) saat kuliah di UGM. Novi berubah menjadi pribadi yang gemar berbicara.

“Ha ha ha. Dalam waktu enam bulan saya bisa mendapatkan posisi tertinggi di perusahaan dengan model bisnis MLM itu, dengan jaringan 500 anak muda. Banyak membaca buku dan pandai berbicara, enggak pendiam lagi,” tuturnya terkekeh. (Wnd/M-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More