Lopetegui Ditendang dari Jabatannya

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Rabu, 13 Jun 2018, 20:11 WIB Sepak Bola
Lopetegui Ditendang dari Jabatannya

AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU

FEDERASI Sepak bola Spanyol (RFEF) akhirnya mengambil tindakan tegas atas kontroversi yang diciptakan sang Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Spanyol Julen Lopetegui. Pelatih 51 tahun ini menjadi perhatian publik setelah Real Madrid mengumumkan pelatih barunya musim depan ialah Lopetegui.

Hal ini menimbulkan kemarahan stakeholder sepak bola sepak bola Spanyol. Bahkan Presiden RFEF Luis Rubiales mencap Lopetegui sebagai pengkhianat.

Lopetegui setuju menandatangani kontrak tiga tahun untuk menjadi suksesor Zinedine Zidane di Real Madrid. Namun, bocornya rencana Lopetegui tersebut dinilai sebagai tindakan tak pantas ditengah persiapan 'La Furia Roja'--julukan Spanyol--jelang Piala Dunia 2018.

Rubiales dijadwalkan hadir di Kongres FIFA di Moskow pada Kamis (13/6), tapi ia memilih terbang menuju ke pusat latihan Timnas Spanyol di Sochi Rusia. Kedatangan Rubiales untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan Lopetegui.

"Kami dipaksa untuk membuang pelatih nasional kami, saya berharap dia paling beruntung. Negosiasi terjadi tanpa konfirmasi ke Federasi Sepak bola Spanyol dan kami diberitahu hanya lima menit sebelum siaran pers keluar. Ada suatu jalan yang harus kami lakukan," ujar Rubiales.

Ditanya soal pengganti Lopetegui, pria 40 tahun ini mengaku sedang mengusahakannya. Jika harus lengser, Direktur Olahraga Timnas Spanyol Fernando Hierro dan Pelatih Timnas Spanyol U-21 Albert Calades mungkin akan menjadi suksesor Lopetegui.

Namun, keputusan tersebut sangat berisiko. Pelatih baru artinya ide permainan yang baru pula dan adaptasi menjadi poin pentingnya. Menilik waktu yang sangat mepet, adaptasi pelatih anyar hampir mustahil dilakukan.

"Kami sedang mengusahakannya. Ketika ada keputusan, maka kami akan memberitahu anda. Saya telah berbicara kepada pemain dan saya dapat menjamin mereka akan melakukan segalanya bersama pelatih baru. Menang merupakan hal penting, tapi memiliki pelatih terbaik juga tak kalah penting," imbuhnya.

Kehilangan Lopetegui merupakan pukulan telak bagi Timnas Spanyol. Eks arsitek Rayo Vallecano ini memiliki rekor tak terkalahkan sejak 2016 menangani Sergio Ramos dkk. 20 pertandingan yang dilalui, 14 laga diantaranya diakhir dengan kemenangan dan sisannya dengan hasil imbang. (Marca/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More