Upaya Ungkap Kasus Gajah Bunta, Dari Cek Lab Hingga Sayembara Rp100 Juta

Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Rabu, 13 Jun 2018, 19:56 WIB Humaniora
Upaya Ungkap Kasus Gajah Bunta, Dari Cek Lab Hingga Sayembara Rp100 Juta

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

MENTERI LHK Siti Nurbaya mengatakan mengatakan dirinya terus menerima laporan perkembangan terkait kasus kematian gajah Bunta di Conservation Respon Unit (CRU) Aceh Timur. Pengungkapan kasus ini terus diuapayakan salah satunya dengan menggelar sayembara.

"Nah jadi di sekarang itu posisinya, posisi terkahir itu sudah ditangani oleh polres, Gakkum dan BKSDA yang membantu," ujar Siti saat ditemui di Cikarang, Rabu (13/6).

Pemerintah pusat, daerah, dan semua lembaga terkait hingga saat ini terus melakukan pendalaman untuk mengusut pelaku yang membunuh Bunta. Gubernur Aceh menyiapkan hadiah sebesar Rp100 juta bagi masyarakat yang dapat memberikan keterangan akurat untuk mengungkap kasus tersebut.

Sebelumnya, BKSDA Aceh dan LSM kawasan Leuser juga menyatakan telah menyiapkan imbalan total Rp40 juta bagi masyarakat yang dapat membantu mengungkap kasus tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan sementara BKSDA Aceh penyebab kematian Bunta ialah keracunan. Hal ini diketahui berdasarkan kerusakan dan perubahan di organ-organ usus.

Saat ini pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel patahan gading dan isi perutnya dengan lebih lanjut. Petugas tengah dilakukan pengambilan sampel jantung, limpa, usus, dan ginjal gajah Bunta untuk dicek di Puslabfor di Medan.

"Kondisi lain ialah jantungnya bengkak, paru-parunya bengkak, juga hatinya, dan ada cairan di rongga dada. Cairannya keruh dan ada buah kuweni di usus. Jadi orang itu ngeracuninya pakai buah kuweni. Karena buah kuweninya juga ada di sekitar gajah," ujar Siti.

Bardasarkan pengamatan BKSDA Aceh, patahan gading yang tersisa ada di sebelah kiri sepanjang 46 cm, sedangkan gading kanan masih utuh sepanjang 148 cm.

"Gading gajah itu rata-rata berat sebelahnya 4 kg. Harganya rata-rata sekilonya Rp8 juta. Jadi kalau setelah dicolong orang itu harganya udah bisa dihitung berapa ya," ujar Siti. (OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More