Menag Pastikan Layanan Haji Sudah Siap

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Rabu, 13 Jun 2018, 18:07 WIB Humaniora
Menag Pastikan Layanan Haji Sudah Siap

MI/Susanto

MENTERI Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439H/2018 M sudah siap. Penegasan itu ia sampaikan usai melakukan pengecekan langsung sejumlah layanan haji di Madinah dan Mekkah.

"Pengecekan persiapan haji 2018 berjalan lancar. Hotel-hotel di Madinah dan Makkah, transportasi, dan katering telah siap. Secara keseluruhan, layanan akomodasi, transportasi, dan konsumsi sudah siap 90-95%," ujar Lukman yang sudah bertolak ke Arab Saudi melakukan pengecekan sejak Kamis (7/6) pekan lalu.

Dari sisi akomodasi,  tahun ini, Kemenag menyewa 165 hotel di Mekkah yang tersebar di tujuh wilayah, yakni Aziziah (19 hotel), Mahbas Jin (16), Misfalah (23), Jarwal (6), Syisyah (57), Raudhah (29), dan Rei Bakhsy (15). Sebanyak 109 hotel di antaranya ialah hotel yang tahun-tahun sebelumnya pernah disewa karena dinilai jemaah memberikan layanan yang baik.

Di Madinah, Kemenag menyewa 107 hotel yang semuanya berada di wilayah Markaziah. Sebanyak 32 hotel dikontrak satu musim penuh sedangkan 75 hotel disewa blocking time.

Lukman mengatakan semua hotel yang disewa sesuai standar minimal pelayanan yakni setara hotel bintang 3 dan 4.

Untuk layanan katering, Kemenag mengontrak 36 perusahaan katering di Makkah, dua perusahaan di Jeddah, dan 15 perusahaan di Madinah. Untuk katering pada fase puncak haji yakni Arafah-Mina-Muzdalifah (Armina), akan disiapkan 19 perusahaan yang juga sudah menandatangani kontrak kerjasama.

Untuk urusan transportasi, lanjut Lukman, pihaknya telah melakukan kontrak kerjasama dengan tujuh perusahaan yang akan melayani transportasi antar kota perhajian (Jeddah, Mekkah, dan Madinah). Ketujuh perusahaan itu adalah Saptco, Rawahel, Rabitat, Dallah, Al Masa, Al Qaid, dan Hafil.

"Moda transportasinya yang paling tua buatan 2013. Tidak lebih dari itu. Semua sudah dilengkapi AC, kulkas, toilet, dan kursi 2-2," jelasnya. (OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More