Tol Jakarta-Cikampek Macet, Ini Kata Kemenhub

Penulis: Dheri Agriesta Pada: Rabu, 13 Jun 2018, 12:47 WIB Nusantara
Tol Jakarta-Cikampek Macet, Ini Kata Kemenhub

ANTARA/Hafidz Mubarak A

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menyebut kemacetan yang terjadi di Tol Cikampek menuju Cipali karena distribusi kendaraan yang tidak merata. Kendaraan dalam jumlah besar melintas pintu Tol Cikarang Utama secara bersamaan.

"Karena distribusi kedatangan tidak merata, jadi menumpuk pada malam hari itu," kata Ketua Posko Dirjen Perhubungan Darat Nurhadi di Kementerian Perhubungan, Rabu (13/6).

Nurhadi menyebut penumpukan kendaraan itu terjadi karena hari libur yang diterima pegawai swasta. Sehingga, lonjakan kendaraan terjadi di malam hari.

Padahal, jumlah volume kendaraan yang melintas di pintu Tol Cikarang Utama pada H-3 lebih sedikit dibanding H-6. Tapi, penyebaran distribusi kendaraan pada H-6 lebih teratur dari pagi hingga malam.

"Lebih besar H-6. karena H-6, 109.164 kendaraan, tapi H-6 kan kondisinya lancar," kata Nurhadi.

Jumlah kendaraan yang melintas di pintu Tol Cikarang Utama pada H-3 sebanyak 104.690 unit. Petugas di lapangan langsung memberlakukan contra flow saat penumpukan kendaraan terjadi.

Tapi kondisi diperparah dengan adanya kendaraan yang mogok. Selain itu, ada banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan.

"Berhenti di bahu jalan karena mereka istirahat tidak di rest area," pungkas Nurhadi. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More