Blatter Dijadwalkan Hadir di Piala Dunia 2018

Penulis: Antara Pada: Rabu, 13 Jun 2018, 08:47 WIB Sepak Bola
Blatter Dijadwalkan Hadir di Piala Dunia 2018

AFP/ Fabrice COFFRINI
MANTAN Presiden FIFA Sepp Blatter

MANTAN Presiden FIFA yang sedang dijatuhi skors, Sepp Blatter, menerima undangan terbuka dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri Piala Dunia di Rusia. Hal itu dikatakan kata juru bicara Blatter, Thomas Renggli, Selasa (12/6).

Blatter, yang memimpin badan sepak bola dunia selama 17 tahun, diskors dari olahraga ini selama enam tahun karena pelanggaran kode etik pada 2015 di tengah skandal korupsi terbesar yang menggoncang FIFA.

Sejumlah pejabat badan tersebut telah ditahan oleh otoritas Amerika Serikat (AS) dan Swiss, meski Blatter sendiri tidak ditahan dan ia membantah tudingan dirinya melakukan pelanggaran.

Kehadiran pria berusia 82 tahun itu di Piala Dunia dapat membuat dirinya berdekatan dengan suksesornya, Gianni Infantino, yang telah menarik garis tegas untuk memisahkan dirinya dengan skandal-skandal di masa lalu.

FIFA tidak berkomentar ketika ditanyai mengenai rencana Blatter.

Renggli mengatakan pria Swiss itu belum memutuskan apakah ia akan melakukan perjalanan ke Rusia serta pertandingan apa yang akan ia saksikan. Namun, ia tentu saja tidak akan menghadiri upacara pembukaan atau pertandingan perdana antara Rusia melawan Arab Saudi pada Kamis (14/6).

Blatter merupakan presiden FIFA ketika Rusia memenangi hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010, mengungguli Inggris, serta beberapa negara lainnya, dalam pencalonannya.

Pada 2015, Putin mengatakan Blatter layak mendapatkan Hadiah Nobel untuk pengabdiannya terhadap badan sepak bola dunia, dan ia yakin bahwa Blatter bukan orang yang terlibat dalam aktivitas korupsi.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Oktober bahwa baik Blatter dan mantan presiden UEFA Michel Platini, yang juga diskors menyusul penyelidikan-penyelidikan etika, akan disambut di Piala Dunia sebagai kawan lama presiden Rusia.

Turnamen itu, yang akan berlangsung di 11 kota dan di 12 stadion, akan berlangsung mulai Kamis (14/6) sampai 15 Juli. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More