Muhammadiyah: Idul Fitri Momen Tingkatkan Kesalehan Sosial

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Selasa, 12 Jun 2018, 21:30 WIB Humaniora
Muhammadiyah: Idul Fitri Momen Tingkatkan Kesalehan Sosial

Ist

KETUA Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengimbau umat Islam di Tanah Air memanfaatkan momen Idul Fitri untuk meningkatkan kesalehan sosial. Kesalehan individual masyarakat yang saat ini tinggi perlu diikuti dengan kesalehan sosial.

Kesalehan sosial bisa diterjemahkan umat muslim sebagai laku toleran dan tolong-menolong terhadap sesama.

"Maksimalkanlah momentum Idul Fitri untuk meningkatkan silaturrahmi antar saudara, sahabat, dan antar anak bangsa. Kemudian kesalehan individual juga harus diikuti dengan kesalehan sosial," ujarnya menjawab Media Indonesia, Selasa (12/6).

Dia menegaskan perayaan Idul Fitri perlu dimaknai dalam kerangka perdamaian dan persaudaraan antar umat Islam dan sesama anak bangsa.

Keimanan dan spiritualitas dalam beragama, lanjutnya, merupakan hal mendasar dalam pembangunan karakter bangsa ini. Spiritualitas tersebut perlu memadukan dua kesalehan, yakni kesalehan individual dan kesalehan sosial.

"Kesalehan individual harus ada buahnya yaitu kesalehan sosial. Semakin rajin seseorang beribadah dia harus semakin baik dengan tetangga, peduli dengan orang miskin dan membantu orang lemah," pungkasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More