Muhammadiyah: Idul Fitri Momen Tingkatkan Kesalehan Sosial

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Selasa, 12 Jun 2018, 21:30 WIB Humaniora
Muhammadiyah: Idul Fitri Momen Tingkatkan Kesalehan Sosial

Ist

KETUA Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengimbau umat Islam di Tanah Air memanfaatkan momen Idul Fitri untuk meningkatkan kesalehan sosial. Kesalehan individual masyarakat yang saat ini tinggi perlu diikuti dengan kesalehan sosial.

Kesalehan sosial bisa diterjemahkan umat muslim sebagai laku toleran dan tolong-menolong terhadap sesama.

"Maksimalkanlah momentum Idul Fitri untuk meningkatkan silaturrahmi antar saudara, sahabat, dan antar anak bangsa. Kemudian kesalehan individual juga harus diikuti dengan kesalehan sosial," ujarnya menjawab Media Indonesia, Selasa (12/6).

Dia menegaskan perayaan Idul Fitri perlu dimaknai dalam kerangka perdamaian dan persaudaraan antar umat Islam dan sesama anak bangsa.

Keimanan dan spiritualitas dalam beragama, lanjutnya, merupakan hal mendasar dalam pembangunan karakter bangsa ini. Spiritualitas tersebut perlu memadukan dua kesalehan, yakni kesalehan individual dan kesalehan sosial.

"Kesalehan individual harus ada buahnya yaitu kesalehan sosial. Semakin rajin seseorang beribadah dia harus semakin baik dengan tetangga, peduli dengan orang miskin dan membantu orang lemah," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More