Perdana Menteri Jepang: Pertemuan Trump-Kim Awal Resolusi Komprehensif

Penulis: Willy Haryono Pada: Selasa, 12 Jun 2018, 18:37 WIB Internasional
Perdana Menteri Jepang: Pertemuan Trump-Kim Awal Resolusi Komprehensif

AFP

PERDANA Menteri Jepang Shinzo Abe menyambut baik ditandatanganinya dokumen kesepakatan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada KTT di Singapura, hari ini.

"Saya mendukung ini sebagai langkah awal menuju resolusi komprehensif berbagai isu terkait Korut," kata Abe, seperti dikutip dari AFP.

Dokumen yang diklaim Trump cukup "komprehensif" itu berisi empat poin utama, salah satunya mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Melalui pertemuan AS-Korut ini, niat Kim Jong-un untuk denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea telah dikonfirmasi secara tertulis," ujarnya.

Selain denuklirisasi, dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim menyinggung mengenai repatriasi sejumlah tahanan perang dan orang-orang yang terbunuh dalam konflik bersenjata.

Terkait hal itu, Abe pun mengaku senang karena Trump telah mengangkat isu hak asasi manusia terkait penculikan sejumlah warga Jepang oleh Korut di era 1970 dan 1980-an. Meski, tidak ada pernyataan khusus mengenai orang-orang yang diculik Korut dalam dokumen. (OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More