Ketua Bawaslu Minta Jajarannya Memelototi Open House Kepala Daerah

Penulis: Nurjiyanto Pada: Minggu, 10 Jun 2018, 19:50 WIB Pilkada
Ketua Bawaslu Minta Jajarannya Memelototi Open House Kepala Daerah

MI/MOHAMAD IRFAN

KETUA Bawaslu Abhan menginstruksikan jajaran Bawaslu di daerah untuk mengawasi acara Open House yang kerap digelar oleh para Kepala Daerah di momen hari raya Idul Fitri. Pasalnya, cukup banyak calon inkumben yang maju kembali dalam gelaran Pilkada Serentak tahun ini.

Namun dirinya mengatakan tidak akan hanya berfokus Kepada para calon inkumben saja. Pasalnya, potensi pelanggaran kampanye berbentuk money politic dalam gelaran Open House juga dapat terjadi disemua calon peserta Pilkada.

"Kalau itu sudah menjadi bagian melekat teman-teman Bawaslu di daerah dalam melaksanakan pengawasan bukan kami mencurigai tapi memang sudah kewajiban kami," ujarnya di Kantor Bawaslu, Minggu (10/6).

Abhan mengungkapkan Bawaslu daerah nantinya akan hadir dalam acara Open House para kandidat peserta pilkada. Namun dirinya tidak menjelaskan secara detil teknis pengawasan tersebut.

Pihaknya pun hingga saat ini terus melakukan himbauan kepada para tim sukses para kandidat Pilkada untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Pasalnya, momen Open House memiliki potensi adanya pelanggaran kampanye ataupun tindakan money politic.

"Pada prinsipnya kita tidak akan melarang kegiatan ibadah, tapi kita menghimbau agar kegiatan itu jangan campuri oleh kegiatan yang melanggar peraturan kampanye," ungkapnya. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More