Pemudik Roda Dua Menurun

Penulis: Ghani Nurcahyani Pada: Minggu, 10 Jun 2018, 10:15 WIB Mudik
Pemudik Roda Dua Menurun

MI/Ghani Nurcahyani

HIMBAUAN yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan dan Polri agar pemudik tidak menggunakan moda transportasi roda dua dalam perjalanan mudik mendapat sambutan positif masyarakat. Hal itu setidaknya tercermin dari data tiga hari terakhir arus mudik lebaran di sejumlah ruas yang dilalui pemudik.

Menterti Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, data menunjukkan naiknya jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi roda empat sekitar 40% dalam tiga hari berlangsungnya arus mudik lebaran. Di sisi lain, jumlah pemudik sepeda motor menurun hingga 12 %.

"Hasilnya, tingkat kecelakaan arus mudik pun menurun di kisaran 30-40%. Kita harapkan hal itu bisa terus berlangsung sampai dengan arus balik selesai nanti," kata Budi di sela-sela melepas rombongan pemudik program Mudik-Balik Bareng Honda (MBBH) 2018 di Jakarta, Minggu (10/6) 

Turunnya jumlah pemudik sepeda motor diakui Budi merupakan upaya bersama yang dilakukan Kemenhub, BUMN, dan swasta melalui program mudik bareng yang sekaligus mengangkut motor para pemudik melalui moda transportasi yang ada. Kemenhub contohnya, menyelenggarakan mudik gratis melalui jalur laut rute Jakarta-Semarang yang menargetkan 30 ribu orang dan 15 ribu motor.

Sementara itu, meski jumlah pemudik roda empat meningkat. Kepadatan arus lalu lintas mudik justru bisa teratasi dengan mulai beroperasinya sejumlah infrastruktur penunjang seperti ruas tol baru. Waktu tempuh kendaraan pun menjadi lebih pendek. Meski demikian, Kemenhub tetap siaga menghadspi puncak arus mudik yang diprediksi akan berlangsung sampai H-2 lebaran.

"Berdasarkan analisisi kami, kepadatan kendaraan akan terjadi pada Sabtu (9/6) dan Minggu (10/6), kemudian pada H-3 dan H-2 Lebaran. Karena itu, himbauan kami untuk waktu mudik yang nyaman itu pada Senin (11/6) dan Selasa (12/6) agar kepadatan arus mudik itu flat," kata Budi.

Di tempat yang sama, Direktur Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Halim Pagarra menghimbau pemudik untuk mematuhi peraturan berlalu lintas, terutama aspek keselamatan berlalu-lintas.

"Untuk kendaraan roda empat, sudah ada aturannya agar beristirahat setiap 4 jam mengemudi dan ada juga aturan mengenai beban angkut kendaraan yang harus dipatuhi. Mudik dengan sepeda motor tidak kita rekomendasikan, tapi pemudik sepeda motor harus mematuhi aturan keselamatan seperti hanya berdua menaiki sepeda motor dan barang bawaan tidak berlebihan," tandasnya. (X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More