Sensasi Rasa Asam

Penulis: Fathurrozak Pada: Minggu, 10 Jun 2018, 02:00 WIB Kuliner
Sensasi Rasa Asam

MI/FATHURROZAK

INDONESIA terdiri dari berbagai pulau. Sebagai negara maritim, tentunya ikan sangatmudah ditemui. Ditambah lagi gerakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengonsumsi ikan.

Seiring dengan program itu, sejumlah tempat mengusung ikan sebagai hidangan utama mereka, salah satunya di Pancious. Saat mengunjungi salah satu restorannya di Mal Grand Indonesia, Media Indonesia berkesempatan mencicipi barramundi.

Barramundi atau kakap putih yang dipilih merupakan fillet. Ikan tersebut digoreng sebentar dan disiram dengan saus tomat ceri. Rasa saus asam manis berpadu dengan pas dengan daging ikan yang lembut. Menciptakan sensasi baru yang menarik dan seimbang. Francisca Tjong, pemilik Pancious, mengaku sengaja memilih kakap putih sebagai alternatif pilihan yang berbeda.

Pasalnya, kebanyakan menu menghidangkan ikan salmon. Pilihan saus tomat ceri terbilang menarik. Sang juru masak, Arief Marjiwo, mengaku pilihan saus itu sebagai upayanya mengeksplorasi hidangan. “Masih jarang yang menggunakan saus tomat ceri, jadi ini juga sekaligus untuk mengenalkan dan mengedukasi kepada pengunjung kita,” jelasnya saat ditemui seusai pengenalan menu baru Pancious, Senin (14/5).

Selain menggunakan saus tomat ceri, ikan barramundi ini juga disajikan dengan saus mentega lemon. Anda akan menemukan rasa asam, tetapi juga gurih karena menteganya dipertahankan dengan tekstur krim.

Meski sama-sama menggunakan mentega di dalam sausnya, hanya di saus tomat ceri bertekstur berminyak (oily). Meski begitu tidak mengurangi rasanya. Hidangan yang dibanderol Rp150 ribu itu juga dilengkapi dengan mash potato dan salad daun roket.


Ayam

Tidak hanya ikan, Pancious juga menyiapkan olahan daging ayam. Hidangan terbaru mereka dan wajib dicoba ialah roasted baby chicken. Ayam berbobot maksimal 500-650 gram itu dipanggang dengan waktu dua jam. Waktu yang cukup lama itu bertujuan agar semua bumbu yang digunakan meresap hingga ke tulang.

Benar saja, saat mencoba, rasa asin dan gurih terasa hingga tulang. Dilengkapi dengan baluran brown sauce,  terbuat dari ekstrak daging sapi dan paduan bumbu. Jamur champignon dan shimeji menjadi pelengkap saus. Anda bisa memilih menikmatinya dengan stik kentang goreng atau kentang bulat kecil yang dipanggang.

Empuknya daging ayam beradu dengan saus krim menciptakan cita rasa asin gurih. “Bukan presto, ya, jadi tulangnya masih utuh, tidak hancur. Ini supaya bumbunya meresap sampai ke tulang. Jadi, kami memilih cara memasak dengan waktu lebih lama, dan dipertahankan dalam suhu tertentu, di bawah 100 derajat celsius,” jelas Arief.

Bila Anda hanya ingin makanan yang ringan coba mac and cheese ball. Makaroni jenis chifferi rigati ini diolah dengan saus keju, lalu dibentuk bulat dengan ukuran besar. Setelah itu, dibalur tepung roti dan digoreng sehingga lapisan luarnya renyah, tetapi lembut di dalamnya.

Jika Anda sedang diet, coba cicipi waldorf salad. Salad ini memadukan sayur dan buah, seperti lobak merah, apel, stroberi, dan pir. Rasa segar, manis, asam yang ramai ini dinetralkan dengan mayones.


Panekuk

Berkunjung ke Pancious tentunya tidak lengkap tanpa mencicipi panekuk. Hidangan pencuci mulut yang wajib dicicipi ialah passion apple pancake. Panekuk ini dihidangkan dengan kesegaran es krim, kerenyahan macaron, kelembutan panekuk, taburan bubuk charcoal, dan sengatan siraman saus apel mangga. Tampilannya dipercantik dengan pipet yang diisi saus apel mangga, untuk memberikan pengalaman menikmati dengan meneteskan saus sendiri di beberapa titik panekuk dan es krim.

Meski menggunakan kata passion yang terkadang orang bepersepsi sebagai passion fruits atau markisa, di hidangan ini menggunakan saus mangga. Bila dicicipi secara terpisah, rasa asam langsung mendominasi lidah. Namun, bila dipadukan semua, mulai dari macaron, es krim, panekuk, dan sausnya menghasilkan rasa yang seimbang dan saling melengkapi.

Macaron berperan penting membantu menetralisasi tingkat keasaman saus. Mencoba hidangan pencuci mulut ini, saya jamin, akan mengusir rasa kantuk Anda. Mungkin, akan cocok juga bila Anda memesan sebagai menu penutup hidangan berbuka, untuk mengusir kantuk yang datang sebelum tiba waktu Tarawih.

Bagi pemegang kartu member Pancious, Anda akan dimudahkan dengan kehadiran aplikasi pancious benefit apps. Menurut Vibrian Putri, Manajer Pemasaran Pancious, aplikasi ini hadir untuk memberikan kepraktisan pelanggan, dan mendapat beberapa keuntungan promo. Jadi, sudah tidak sabar, kan, menjadikan barramundi saus tomat ceri sebagai hidangan berbuka puasa?

Tenang, tidak akan ada lagi kantuk setelah kekenyangan, sebab passion apple pancake siap menyegarkan Anda kembali. (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More