Berbagi semakin Cangih

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 09 Jun 2018, 12:00 WIB Teknologi
Berbagi semakin Cangih

RAMADAN merupakan waktu yang tepat untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung. Sekarang untuk berbuat baik tidaklah sulit. Apalagi dengan bantuan teknologi, semua bisa dilakukan dengan sentuhan jari semata. Ya, tidak salah, Anda bisa donasi, berzakat, infak ataupun bersedekah dengan membayar secara daring.

Kemudahan itu disediakan Tcash. Platform pembayaran daring dari Telkomsel tersebut meluncurkan program donasi berbasis pada pemindaian Quick Response (QR) Code. Melalui program tersebut, pengguna dapat dengan mudah berbagi dan mendonasikan uangnya.

Program donasi berbasis QR Code tersebut ialah salah satu program unggulan dalam kampanye Ramadan #JadiBaikDiBulanBaik yang berlangsung sejak 21 Mei hingga 24 Juni. Setidaknya ada 4 program unggulan dalam kampanye Tcash, yaitu program berbagi berkah menggunakan layanan donasi digital bersama Rumah Zakat, berbagi berkah tunjangan hari raya (THR) dengan fitur kirim uang, belanja berkah dengan promo Tcash, dan program perlindungan diri untuk pengguna yang melakukan mudik.

Selain itu, Ramadan tahun ini, Tcash turut memfasilitasi pelanggan untuk berbagi melalui program Ramadan berdaya milik Rumah Zakat. Program itu mencakup Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), dan Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK). Pengiriman donasi untuk ketiga program tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi Tcash Wallet.

Bagi Anda yang ingin menunaikan zakat menggunakan Tcash cukup mudah. Setelah mengunduh aplikasi Tcash dan mengisi saldonya, Anda cukup memindai QR Code Tcash-Rumah Zakat dengan fitur Snap QR Code, lalu masukkan nominal donasi sesuai dengan preferensi. Anda dapat menemukan QR Code TCash-Rumah Zakat di papan billboard, 36 cabang Rumah Zakat di 18 provinsi, melalui Kotak Superinfak, poster digital, dan beberapa masjid di Pekanbaru, Riau. Selain melalui Snap QR Code, Anda dapat berdonasi untuk program Ramadan Tcash melalui kode akses USSD *800*01# di ponsel dan fitur donasi di aplikasi Tcash Wallet.

Chatbot

Perkembangan teknologi pun diikuti oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Mereka menghadirkan layanan virtual assistant chat atau chatbot yang diberi nama Zaki untuk memudahkan masyarakat yang ingin menunaikan zakat dengan cepat, nyaman, mudah, dan bersahabat. Inovasi ini merupakan hasil kerja sama antara Baznas dengan PT Artina Digitama Indonusa (Artdigi).

"Perkembangan teknologi informasi di dunia zakat merupakan tantangan tersendiri. Terlebih di era 4.0 ini, semua lini saling terhubung. Maka, strategi besar BAZNAS adalah mengampanyekan gerakan zakat melalui berbagai saluran komunikasi online yang memudahkan muzaki (pemberi zakat) sesuai dengan tren digital yang berkembang di Indonesia," kata Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, dalam acara peluncuran di kantor pusat Baznas, Jumat (25/5).

Chatbot Zaki dapat diakses melalui aplikasi messenger LINE dengan nama @zakibaznas dan dalam waktu dekat akan hadir di aplikasi chat Facebook Messenger. Tidak hanya kemudahan transaksi zakat, bersama layanan virtual Zaki, masyarakat dapat menghitung jumlah zakatnya secara akurat, literasi, dan edukasi zakat serta informasi program-program sosial dan kemanusiaan BAZNAS. Fitur dari Zaki lainnya yang akan segera hadir antara lain, peta lokasi masjid terdekat, pengingat jadwal salat hingga materi dakwah.

Sementara itu, CEO Artdigi, Ari Lastina, menjelaskan melalui teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), Zaki dikembangkan untuk tanggap dalam merespons pengguna melakukan transaksi, mendapatkan informasi hingga berinteraksi. Dengan teknologi chatbot yang dilengkapi dengan natural language process (NLP) memungkinkan Zaki dapat bercakap-cakap dengan pengguna hingga menganalisis keinginan dari para pengguna.

Saat dicoba Media Indonesia, Rabu (6/6), chatbot Zaki tergolong responsif. Setelah Anda menambahkan Zaki pada LINE Messenger, Anda akan langsung disuguhkan 4 macam menu yang langsung tersedia di kolom obrolan. Ada menu Ramadan bahagia, hitung dan bayar zakatmu, kata Zaki, serta opsi mengenalkan Zaki kepada rekan-rekan Anda.

Pada menu pilihan hitung dan bayar zakat, Zaki akan langsung menyuguhkan 2 pilihan yaitu bayar zakat dan kalkulator zakat. Jika Anda memilih bayar zakat, Anda akan diarahkan untuk membayar nilai zakat yang ingin dibayarkan, setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Setelah semua data dengan benar dimasukkan, maka Anda akan diarahkan untuk mentransfer nonimal uang yang ingin Anda zakat ke rekening bank milik Baznas.

Jika Anda memilih kalkulator zakat, Zaki akan menyuguhkan 4 pilihan harta yang ingin Anda hitung zakatnya, ada penghasilan, emas, tabungan, dan perdagangan. Setiap Anda memilih salah satu jenis harta yang ingin dizakatkan, Zaki akan memberikan penjelasan lengkap mengenai mekanisme perhitungannya. Setelah dihitung, maka Anda akan diarahkan untuk menunaikan zakat sesuai dengan hitungan untuk kemudian ditransfer ke rekening Baznas. Sangat mudah dan membantu.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More