Pasangan Dodi-Giri Diprediksi tidak Terbendung

Penulis: Baharman Pada: Jumat, 08 Jun 2018, 22:30 WIB Politik dan Hukum
Pasangan Dodi-Giri Diprediksi tidak Terbendung

Foto Baharman

LINGKARAN Survei Indonesia Denny JA melakukan survei opini publik untuk Pilkada Gubernur Sumsel 2018. Hasilnya, pasangan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas unggul terhadap pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, lshak Mekki-Yudha Pratomo Mahyuddin dan Saifudin Aswari Rivai -Muhammad irwansyah .

Demikian kesimpulan survei terbaru LSI yang dilakukan pada 1-5 Juni 2018. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1.000 responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini +/-3,1%.

Menurut Rully Akbar, peneliti senior LSI Denny JA, mengatakan, untuk simulasi dukungan terhadap calon Gubernur, pasangan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas mendapat dukungan 27,7%. Sedangkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya mendapat dukungan 23,2 %. Pasangan lshak Mekki Yudha Pratomo Mahyuddin 18,4%, dan Saifudin Aswari Rivai Muhammad Irwansyah 8,6 %. Sedangkan mereka yang belum memutuskan sebanyak 22,1 %.

"Mendekati saat pencoblosan, Pilkada Sumatra Selatan 2018 menyisakan pertarungan sengit antara 2 pasangan calon, yaitu pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya dan Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas," katanya saat jumpa pers di Hotel Aryaduta Palembang, Jumat (8/6).

Menurutnya, bila ditelusuri dari 3 hasil survei sebelumnya dilakukan LSI, tren dukungan terhadap Dodi Reza Alex Noerdin terus menanjak. Sebaliknya, dukungan terhadap Herman Deru cenderung mengalami penurunan.

Pada survei Oktober 2017, saat belum ditetapkannya pasangan calon oleh KPU, elektabilitas Herman Deru mengungguli kandidat lainnya di angka 32%. Sedangkan Dodi Reza hanya mendapat dukungan sebesar 17,7%.

Namun perlahan, Dodi Reza akhirnya menyalip Herman Deru. Pada survei Februari 2018, setelah KPU menetapkan pasangan calon, Dodi Reza mulai menyusul Herman Deru dengan memperoleh dukungan sebesar 25,1%.

Sedangkan Herman Deru elektabilitasnya turun di angka 25,6%. Pada survei Mei 2018, Dodi Reza mulai unggul dengan tingkat dukungan 25,5% sedangkan Herman Deru 24,8%. Hingga pada survei Juni 2018, Dodi Reza berhasil melebarkan jarak dukungan dengan Herman Deru. Dodi Reza mendapat dukungan 27,7% dan Herman Deru 23,2%.

Dari breakdown data, pasangan Dodi Reza Alex Noerdin Giri Ramanda Kiemas hampir unggul di semua segmen dari pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, baik itu segmen pemilih laki-iaki dan perempuan, usia, agama, pendidikan dan pendapatan.

Mengapa elektibilitas Herman Deru turun dan pasangan Dodi-Giri Naik? Menurutnya, LSI menemukan empat alasan, yaitu pertama, skandal lama Herman Deru dan Putra Mawardi Yahya terbuka kembali.

Isu skandal Herman Deru dan pembantu rumah tangga serta kasus narkoba putra Mawardi Yahya yang juga Bupati Ogan llir Nonaktif kembali terbuka. Hal ini yang menyebabkan elektabilitas Herman Deru Mawardi Yahya terus merosot.

Kedua, tingkat pengenalan Dodi yang terus menanjak. Sejak survei Februari hingga Juni 2018, Dodi semakin dikenal oleh pemilih di Sumsel. Hal ini yang menyebabkan tingkat elektabilitas Dodi menanjak.

Ketiga, publik puas dengan kinerja Alex, dan asosiasi Dodi dengan Alex Kuat.

Tingkat kepuasan terhadap Alex Noerdin mencapai 77,7%. Hal ini juga berpengaruh tehadap elektabilitas Dodi. Karena Dodi dianggap sebagai penerus Alex Noerdin.

Sedangkan keempat, program Dodi disukai mayoritas pemilih. Program pendidikan dan kesehatan gratis serta pembangunan infrastruktur dari Dodi mendapatkan respons positif dari publik. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More