Bug Privasi di Facebook Pengaruhi 14 Juta Pengguna

Penulis: Ellavie Ichlasa Amalia Pada: Jumat, 08 Jun 2018, 13:30 WIB Teknologi
Bug Privasi di Facebook Pengaruhi 14 Juta Pengguna

AFP/CHRISTOPHE SIMON

ADA bug di Facebook yang menyebabkan konten yang dibagikan oleh 14 juta pengguna selama 4 hari bisa dilihat oleh semua orang, ungkap Facebook, Kamis (7/6). Bug yang muncul ketika Facebook sedang menguji fitur baru ini memengaruhi para pengguna selama empat hari sejak 18 Mei hingga 22 Mei.

Setelah pekerja Facebook menemukan bug tersebut, perusahaan mengubah pengaturan privasi dari post yang diunggah oleh 14 juta pengguna yang terpengaruh, dari publik menjadi private, lapor CNN Money.

Facebook mengubah pengaturan privasi dari semua post yang terpengaruh menjadi private, bahkan post yang mungkin memang dibagikan untuk umum. Mereka menyebutkan, mereka membutuhkan waktu lima hari untuk melakukan perubahan tersebut.

Pengguna yang terpengaruh oleh bug ini akan mendapatkan notifikasi di aplikasi atau situs Facebook mulai Kamis (7/6). Mereka akan mendapatkan pesan dari Facebook, meminta mereka untuk "meninjau unggahan Anda", lengkap dengan tautan ke daftar post yang mereka unggah ketika bug itu aktif.

Biasanya, pengaturan privasi konten Facebook akan mengikuti pengaturan privasi post yang terakhir pengguna buat, seperti teman, keluarga atau kolega.

Namun, pengaturan itu berubah secara otomatis menjadi publik untuk 14 juta pengguna. Jika pengguna menyadari perubahan pengaturan itu, mereka bisa mengubah pengaturan privasi secara manual.

"Kami baru saja menemukan bug yang secara otomatis menyarankan pengguna untuk mengunggah post pada publik ketika mereka mengunggah konten di Facebook," kata Chief Privacy Officer Facebook Erin Egan.

"Kami telah menyelesaikan masalah ini dan mulai hari ini, kami akan memberitahukan orang-orang yang terpengaruh oleh bug ini dan meminta mereka untuk meninjau post yang mereka unggah dalam periode ketika bug aktif," tegasnya. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More