Muslimat NU Gelar Khataman Alquran

Penulis: MI Pada: Senin, 04 Jun 2018, 08:21 WIB Pernik
Muslimat NU Gelar Khataman Alquran

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

MUSLIMAT Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menggelar khataman Alquran untuk mengisi puasa pada Ramadan sekaligus sebagai ajang silaturahim sesama anggota.

“Khataman Alquran sudah menjadi kegiatan ibadah rutin bagi kami setiap bulan puasa. Kegiatan tadarus Alquran ini sudah kita mulai sejak awal Ramadan dan berakhir atau khatam (tamat) hari ini,” kata Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Karimun Nyimas Novi Ujiani di sela kegiatan itu di Masjid Agung Tanjung Balai Karimun di Karimun, pekan lalu.

Khataman atau menamatkan bacaan ayat-ayat Alquran pada Ramadan ini, katanya, diikuti 100 anggota dari setiap kecamatan. Tadarus Alquran tidak hanya menjadi tradisi umat Islam pada bulan puasa, tetapi juga menjadi amal ibadah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, terutama pada Ramadan.

Nyimas menyambut baik antusiasme anggota Muslimat NU setempat yang meluangkan waktu untuk menamatkan bacaan Alquran secara bersama-sama.

“Di samping beribadah, khataman Alquran tersebut juga menjadi ajang bagi anggota untuk mempererat tali silaturahim,” katanya.

Selain khataman Alquran, para anggota Muslimat NU menggelar kegiatan musabaqah atau lomba membaca surah Alfatihah, salah satu surat dalam Alquran.

Kegiatan musabaqah Alfatihah diikuti perwakilan Muslimat NU dari setiap kecamatan di Pulau Karimun Besar, yakni 25 orang. “Musabaqah Alfatihah ini kita harapkan lebih sering dilakukan. Ke depan kegiatan ini juga akan diikuti perwakilan dari setiap anak cabang se-Karimun,” ujar Nyimas.

Menurutnya, setiap perwakilan kecamatan mengirimkan 25 orang. Di waktu mendatang kegiatan musabaqah Alfatihah akan diikuti perwakilan dari setiap anak cabang Muslimat NU se-Kabupaten Karimun.

Selain menyelenggarakan khataman dan musabaqah Alfatihah, Muslimat NU memberikan santunan kepada anak yatim, fakir miskin, dan mualaf.

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam kegiatan itu mengajak umat Islam untuk mengisi bulan puasa dengan membaca Alquran setelah salat wajib dan Tarawih. (Ant/H-1)

 

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Jumat, 22 Jun 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More