Memperbanyak Social Saving

Penulis: Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Pada: Minggu, 03 Jun 2018, 08:50 WIB Renungan Ramadan
Memperbanyak Social Saving

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar -- ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

SUATU ketika ada tiga pemuda berteduh di dalam gua, tiba-tiba mulut gua itu tertutup dengan batu besar.

Tidak mungkin menggeser batu besar itu dengan tenaga manusia biasa. Berkatalah yang paling senior di antara mereka, siapa di antara kita yang pernah melakukan amal istimewa?

Ketiga-tiganya merasa tidak pernah melakukannya. Ketiganya ternyata sangat tawadhu, tidak mau memuji amal-amal kebajikan yang pernah dilakukan.

Kisah ini diceritakan di dalam kitab Riyadh al-Shalihin, sebuah kitab hadis yang menghimpun hadis-hadis sahih pilihan.

Dalam keadaan terdesak seperti itu, pemuda pertama paling senior di antara mereka maju dan berdoa di depan mulut gua dengan menceritakan (bertawashul) pengalamannya ketika ia menjumpai ibunya dalam keadaan sakit keras dan meminta dibelikan susu segar. Akhirnya, ia menemukannya, tetapi sayang ibunya sudah tertidur.

Ia berdiri sepanjang malam sampai subuh ketika ibunya sudah bangun. Sementara menunggu ibunya bangun, anaknya juga merengek meminta susu itu, tetapi dikatakan ini kepunyaan ibu yang sedang sakit. Kalau ini ada artinya, mohon dibukakan pintu gua ini. Alhasil, batu gesar itu bergeser sedikit, oksigen bisa masuk.

Selanjutnya, pemuda kedua berdoa di tempat yang sama dengan pengalamannya pernah diajak berhubungan khusus dengan gadis pujaannya yang ibunya sedang memerlukan biaya.

Ketika akan melakukannya tiba-tiba perempuan itu berucap apakah engkau akan merusak cincin yang bukan milikmu? Seketika itu saya lari karena takut dan malu kepada Allah SWT.

Pemuda kedua ini berdoa, ya Allah sekiranya ini ada artinya mohon pintu gua ini dibuka. Akhirnya, batu besar itu bergeser lagi sedikit, tetapi belum bisa dilewati.

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Senin, 20 Agu 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More