Selera Musik Bisa Jadi Cermin Kepribadian Seseorang

Penulis: Micom Pada: Sabtu, 02 Jun 2018, 14:00 WIB Eksplorasi
Selera Musik Bisa Jadi Cermin Kepribadian Seseorang

SHUTTERSTOCK

SELERA musik seseorang sejak lama dikaitkan dengan kepribadian. Namun, siapa sangka hal itu ternyata benar. Ini dibuktikan dengan dua penelitian dalam jurnal Psychological Science. Studi yang dilakukan para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan studi terdahulu.

Untuk penelitian kali ini, para peneliti merekrut 21 ribu peserta dalam dua survei daring terpisah. Survei tersebut dilakukan untuk melihat lima tipe kepribadian utama bisa cocok dengan berbagai genre musik.

Hasilnya, tipe orang yang penurut cenderung menyukai seluruh jenis musik. Lalu, musik yang mengentak umumnya dipilih orang-orang yang condong pada kepribadian neurotisisme (emosional tinggi).

Orang yang energik dan suka berbicara lebih nyaman mendengar musik akustik, sedangkan musik yang lambat dan lembut dihindari pribadi berjiwa terbuka. Individu seperti ini lebih menggemari musik kekinian yang inspiratif, kompleks, dan dinamis.

Orang yang penuh imajinasi dan berwawasan luas lebih hanyut dalam aliran musik yang dilantunkan dalam opera. Sementara itu, orang ekstrover yang gemar bicara dan energik lebih tertarik pada musik sederhana yang santai dan bergenre akustik.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More