Ikhwan Berkumpul Lakukan Manakib

Penulis: Micom Pada: Rabu, 30 Mei 2018, 11:04 WIB Tradisi
Ikhwan Berkumpul Lakukan Manakib

MI/Adi Kristiadi

IKHWAN di seluruh Indonesia memenuhi ajaran Thoriqoh Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Suryalaya yang berada di Dusun Godebag, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pageurageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, akhir pekan kemarin. Mereka berkumpul untuk melakukan kebaikan, terutama pada Ramadan dan menepis pandangan yang keliru melalui manakib untuk meningkatkan ilmu agama melalui pendalaman terekat, hakikat, makrifat, dan tentunya tidak sembarang asal dijalankan.

"Kegiatan ini dilakukan setiap bulan sekali dan tentunya pada Ramadan diikuti berbagai ikhwan di seluruh Indonesia termasuknya dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, dan Brunei Darussalam serta negara lainnya. Kegiatan tersebut dilakukan untuk kebaikan amal, akhlak, dan perangai terpuji serta mampu menepis berbagai pandangan yang keliru dilakukan manusia melalui manakib," ujar penerus sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya, KH Zaenal Abidin Anwar.

Menurut Zaenal, Pondok Pesantren Suryalaya yang berdiri pada 1905 yang telah dipimpin sesepuh ponpes yakni KH Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin yang akrab disebut Abah Anom.

Kedatangan mereka di Ponpes Suryalaya selama ini diisi dengan kegiatan berdoa, puasa, berbuka, dan sahur. Untuk kebutuhan makanan, semua bahan yang ada di Ponpes Suryalaya titipan para ikhwan dari berbagai daerah kemudian diolah. Bahan-bahan itu meliputi 8 ekor domba, 2 ekor sapi, 1 ton beras, 5 karung kentang, 2 kuintal sosis, 1 kuintal mi, 50 ayam kampung, 1,5 kuintal telur, 1 karung wortel. Bahan yang tersedia dilakukan di dua lokasi dengan melibatkan 30 orang masyarakat mulai dari arah dapur selatan khusus minuman dan nasi, sedangkan arah dapur utara khusus lauk pauk.

Menurut Zaenal, manakib harus dilakukan ikhwan yang memiliki perasaan, akal, perilaku, dan kesehatan, tetapi jika akhak seseorang tidak bagus perlu adanya tuntunan supaya perilaku mereka bisa berubah ke jalan yang lebih baik. Melaksanakan manakib yang dilakukan di Ponpes Suryalaya itu untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT dengan cara mencintai dan memuliakan para orang soleh dengan maksud untuk meneladani amal solehnya.

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Jumat, 17 Agu 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More