Segigit Amerika dalam Kue Lumpur dan Martabak

Penulis: (*/M-3) Pada: Sabtu, 26 Mei 2018, 23:25 WIB Kuliner
Segigit Amerika dalam Kue Lumpur dan Martabak

MI/ADAM DWI

SUBSTITUSI bahan baku pembuat kue memang sering terjadi. Tidak terkecuali untuk membuat kue lumpur. Kue jajanan pasar ini biasanya terbuat dari tepung terigu. Akan tetapi, di tangan Eksekutif Koki Restoran Amuz Gourmet Jakarta, Stefu Santoso, diganti dengan kentang asal Amerika Serikat.

Penggunaan bubuk kentang  dalam kue lumpur ditujukan untuk mempertahankan tekstur agar kue tetap enak dinikmati meski lama didiamkan. Kue yang juga diberikan kismis ini begitu lembut saat digigit. “Penggunaan potato granule ini untuk mempertahankan teksturnya,  agar lebih moist, dan meski sudah lama didiamkan tidak akan kering,” ujarnya.

Selain kue lumpur, Stefu juga membubuhkan bahan utama kentang untuk menjadikan isian martabak. Kentang lumat dengan tingkat sedang, dikreasikan dengan apik, jadi martabak kentang ala Amuz Gourmet ini cocok dijadikan sebagai kudapan berbuka puasa. Kudapan yang ringan tapi cukup mengenyangkan. Selain kentang, Stefu berkreasi dengan kurma. Ia memberi isian dadar gulung dengan kurma yang menambah rasa manis saat mengunyahnya.

Tidak sekadar menjadi isian kue jajanan pasar, kurma diolah menjadi bahan masak dalam gulai ayam, bersama apel Washington. Kurma menjadikan rasa manis dan apel menyumbang rasa gurih yang dominan dalam menu ini, selain tekstur kuah menjadi lebih kental. “Jadi, kurma ikut dimasak bersama gulai. Saat proses pemasakan ditambahkan juga dengan potongan buah apel Washington yang sudah dilumat,” papar Stefu.

Salad belut
Bila Anda ingin sensasi segar, bisa ditemukan dalam menu salad belut. Potongan daging belut dipadukan dengan berbagai buahbuahan, seperti jeruk sunkish dan khususnya pir Amerika. Dalam menu ini juga disertakan potongan lobak merah. Selama Ramadan, Amuz Gourmet menawarkan menu padu padan Amerika-Indonesia.

Namun, Stefu tak ingin memaksakan bahan-bahan dasar Amerika untuk masuk ke segala jenis kuliner. Ia hanya menentukan menu yang menurutnya bisa dikombinasikan dengan cita rasa Amerika, agar tidak terlalu memaksakan, dan justru membuat menu tidak lagi lezat  disantap. Terbukti, racikan Stefumemberikan pengalaman baru dalam mencicip menu ala Indonesia dengan sepotong rasa Amerika. (*/M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More