Menuju Green Hospital

Penulis: (FD/M-4) Pada: Sabtu, 26 Mei 2018, 05:00 WIB Humaniora
Menuju Green Hospital

Dok MI

LINGKUNGAN rumah sakit merupakan laboratorium alam untuk mengenali keanekaragaman hayati. Beranjak dari itulah, Biodiversity Warriors (BW) yang berisi sekelompok anak muda menyusun sebuah buku berjudul Upaya menuju green hospital melalui program keanekaragaman hayati.

Melalui pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta Barat, penulis menemukan beraneka ragam jamur, flora, dan satwa liar perkotaan yang habitatnya berada di sekitar RS.

Buku mungil seukuran telapak tangan itu merupakan hasil kerja sama antara RS Dharmais, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI dengan Universitas Nasional. "Kami berkesempatan melakukan pengamatan keanekaragaman hayati yang kemudian dirangkum dan disusun menjadi buku," kata Direktur Komunikasi dan Penggalangan Sumber Daya Yayasan KEHATI Fardila Astari, saat peluncuran buku tersebut, April lalu.

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Prof Abdul Kadir mengatakan, sebagai RS yang ramah lingkungan atau green hospital, pihaknya ikut menerapkan konsep sustainability atau berkelanjutan dengan memelihara sejumlah flora dan fauna. "Karena sustainable hospital sudah menjadi kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan," sebutnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More