Inilah Gunung Pelangi yang Digambarkan di Ayat Suci

Penulis: Briyan B Hendro Pada: Jumat, 25 Mei 2018, 12:51 WIB Travelista
Inilah Gunung Pelangi yang Digambarkan di Ayat Suci

Foto-foto: MI/Briyan B Hendro
Bus yang nyaman berkeliling mengantar pengunjung ke berbagai view point di Zhangye National Park.

JIKA biasanya melihat gunung berwarna hijau kebiruan, atau putih karena es, kali ini saya menyaksikan gunung yang berwarna-warni. Ya, gunung pelangi!

The Rainbow Mountains yang terletak di Zhangye National Park, Provinsi Gansu, sebelah barat laut Tiongkok, merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di muka bumi ini.

The Rainbow Mountain terdiri dari warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Warna-warni tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak periode kapur, tepatnya 24 juta tahun yang lalu.

Tapi, jangan harap menemukan aneka tumbuhan dan hewan seperti layaknya di gunung lainnya, karena kawasan ini berupa tanah yang sangat tandus sehingga flora dan fauna sulit untuk bertahan hidup.

Pengunjung menikmati keindahan panorama di di Zhangye National Park

Panorama Zhangye National Park dilihat dari atas bukit.

Fasilitas jalur berupa kayu dan tangga yang tersusun rapi memberi keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung Zhangye National Park.

Hanya dengan membayar tiket masuk seharga 60 RMB atau setara sekitar Rp133ribu, saya dapat mengeksplor tiap sudut di Zhangye National Park. Bus yang nyaman dan berpendingin udara pun siap mengantar berkeliling ke beberapa view point.

Menurut Amel, pemandu yang menemani saya, hujan dan angin yang menerpa daerah ini selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna The Rainbow Mountains.

"Taman nasional seluas 200 mil persegi ini juga sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2009," jelasnya.

Kini, lokasi ini juga menjadi tujuan wisata andalan di sisi barat laut Tiongkok. Bahkan, wisatawan muslim berbondong-bondong mendatangi lokasi ini karena AlQuran dalam surat Al Fathir ayat 27 juga menyinggung keberadaan gunung pelangi di muka bumi. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More