Ngabuburit di Masjid Berpagar Akuarium

Penulis: Benny Bastiandy Pada: Jumat, 25 Mei 2018, 08:23 WIB Pernik
Ngabuburit di Masjid Berpagar Akuarium

MI/Benny Bastiandy
Warga melihat akuarium di Masjid At-Taqwa di Kompleks Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) di Kelurahan Cikole Kota Sukabumi, Jawa Barat.

NGABUBURIT atau menunggu waktu sore menjadi salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat di pelosok Tanah Air pada bulan suci Ramadan. Dengan ngabuburit, waktu akan terasa cepat berlalu hingga saat berbuka puasa tiba ketika azan magrib berkumandang. Ngabuburit dapat dilakukan di mana saja. Di pantai, taman, atau sekadar berkeliling kampung bersama teman dan keluarga.

Di Kota Sukabumi, Jawa Barat, terdapat masjid yang selain digunakan untuk beribadah, juga menjadi tempat favorit terkini untuk ngabuburit. Letak masjid bernama At Taqwa itu berada di kompleks Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) di Kecamatan Cikole.

Pada Ramadan kali ini, Masjid At Taqwa menjadi tempat favorit untuk ngabuburit. Sebab, selain masyarakat dapat beribadah, mereka juga bisa menikmati bangunan masjid yang terbilang unik itu lantaran sekeliling masjid yang baru saja direnovasi itu dipagari dengan akuarium.

Akuarium yang membentuk pagar masjid terdiri dari 15 unit. Setiap akuarium diisi dengan aneka jenis ikan tawar hasil budi daya Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar, seperti gurame hingga ikan sapu-sapu. Akuarium juga dihiasi dengan beberapa tumbuhan sehingga tidak mengherankan banyak masyarakat mulai orang dewasa hingga anak-anak betah berlama-lama memandangi isi akuarium  yang menawan itu.

“Saya baru pertama kali ke sini. Ternyata unik juga ada masjid berpagar akuarium. Apalagi saat puasa seperti sekarang, bisa sambil ngabuburit melihat-lihat ikan di akuarium,” ujar Dila Novianti, 22, yang tengah asik memperhatikan isi akuarium, beberapa hari lalu.

Warga Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, itu mengaku mengetahui kabar adanya masjid berpagar akuarium beberapa bulan lalu. Namun, ia baru sempat datang saar Ramadan dan terkejut karena banyaknya warga yang juga ingin menikmati akuarium Masjid At Taqwa untuk ngabuburit setelah salat asar.

“Ternayata banyak juga warga yang datang ke sini. Mereka juga sama, setelah salat asar langsung melihat-lihat akuarium,” katanya.

Warga Kota Sukabumi lainnya, Atep Maulana, 34, mengatakan keberadaan akuarium membuat masjid yang dibangun pada 1992 tersebut semakin sejuk. “Tadi saya ada perlu  di sekitar sini, jadi saya menyempatkan mampir ke sini. Ternyata masjid ini ada akuariumnya,” kata Atep dengan mimik kagum.

Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di sana dibudidayakan berbagai jenis ikan air tawar. (BB/H-1)

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 16 Agu 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More