Najib kembali Dipanggil MACC

Penulis: (ChannelNewsAsia/Yan/I-2) Pada: Jumat, 25 Mei 2018, 06:45 WIB Internasional
Najib kembali Dipanggil MACC

AFP PHOTO / Mohd RASFAN

MANTAN Perdana Menteri (pm) Malaysia Najib Razak kembali mendatangi markas besar Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) untuk interogasi putaran kedua dalam penyelidikan korupsi bernilai miliaran dolar terkait dengan dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Najib tiba pukul 10.00 dengan pengawalan ketat.

Najib sebelumnya telah memberikan keterangan pertama pada Selasa (22/5) di Kantor MACC untuk menjelaskan transfer mencurigakan sebesar 42 juta ringgit (US$10,6 juta) ke rekening banknya.

Dalam konferensi pers, Selasa (22/5), Kepala baru MACC Mohd Shukri Abdull mengatakan, Najib dipanggil untuk ditanyai tentang SRC International dan bukan ditangkap.

SRC dibentuk pada 2011 oleh pemerintah Najib untuk mengejar investasi luar negeri dalam sumber daya energi SRC dan merupakan unit 1MDB hingga dipindah ke kementerian keuangan pada 2012.

Mantan Direktur Petro Saudi International Xavier Andre Justo juga tiba di Kantor MACC di Putrajaya pukul 09.00 waktu setempat untuk memberikan pernyataan.

Pada September 2009, 1MDB membuat usaha patungan senilai US$2,5 miliar dengan perusahaan minyak swasta.

Pada Agustus 2015, Thailand pernah memvonis Justo tiga tahun penjara karena mencuri informasi dari atasan sebelumnya. Namun, Justo bebas karena mendapat pengampunan kerajaan pada Agustus 2016.

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More