Berbuka Puasa di Menara Lonceng

Penulis: Micom Pada: Kamis, 24 Mei 2018, 12:19 WIB Tradisi
Berbuka Puasa di Menara Lonceng

MI/Januari Hutabarat

MAKANAN untuk berbuka puasa atau takjil selalu diburu oleh mereka yang mejalankan ibadah puasa Ramadan. Tidak mengherankan setiap daerah atau kota memiliki pusat penjualan kuliner tersebut.

Di Tarutung, ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, pusat penjualan takjil berada di sekitar menara lonceng. Menara setinggi 34 meter yang juga merupakan lambang kota wisata rohani tersebut berdiri di perempatan.

Pada pucuk menara terdapat salib, mengingat penduduk kota ini beragama Nasrani. Ramainya aktivitas penjualan takjil dengan yang pedagangnya muslim, semakin memperjelas hubungan silaturahim antarumat beragama yang kental di kota itu dan dirajut dengan adat dalihan natolu.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan juga sempat berbuka puasa di lapak yang terdapat di sekitar menara lonceng. Ia berharap kerukunan yang dimiliki Tapanuli Utara dapat menjadi menjadi contoh bagi daerah lain. "Kita harus bangga dengan kerukunan umat beragama yang dimiliki Tapanuli Utara. Ke depan hal ini harus dipertahankan bahkan kita tingkatkan," ujarnya akhir pekan lalu.

Lokasi lapak kuliner untuk berbuka puasa itu amat strategis. Takjil yang dijual di lapak-lapak itu dijual rata-rata Rp5.000 per porsi. Gimro Silaban, 35, salah seorang warga Tapanuli Utara, mengaku bangga dengan terjalinnya kerukunan umat beragama di kabupaten tersebut. Menurutnya, masyarakat harus terus bergandengan tangan untuk mempertahankan kerukunan sehingga menjadi contoh kerukunan umat beragama di daerah lain bahkan negeri lain.

Kota Medan pada Ramadan kali ini menggelar Ramadan Fair di Taman Sri Deli sejak akhir pekan lalu. Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi berharap momentum Ramadan Fair XV dapat makin meningkatkan kerukunan antarumat beragama di daerah tersebut.

Ramadan Fair di Kota Medan yang digelar hampir sebulan itu bertujuan untuk menyemarakkan dakwah di bulan suci ini. Selain kegiatan dakwah seperti ceramah agama dan kesenian Islam, di acara itu juga diselenggarakan pesta kuliner yang dilaksanakan di halaman Masjid Raya Al Masun Medan.

Penjualan makanan untuk berbuka puasa juga digelar di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dengan nama Pasar Ramadan. Tidak mengherankan bila bulan Ramadan selain menjadi bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam untuk beribadah, juga dinanti oleh para pedagang kue dan makanan lainnya untuk mendapatkan rezeki.

Pasar Ramadan yang digelar di Jalan Kartini mampu menampung sekitar 100 pedagang.

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Jumat, 17 Agu 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More