1980: Embargo AS Dimulai

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Selasa, 22 Mei 2018, 09:10 WIB Humaniora
1980:  Embargo AS Dimulai

ALJAZEERAA

EMBARGO ekonomi mulai dilancarkan AS terhadap Republik Islam Iran. Kemenangan revolusi Islam yang membuat tergulingnya pemerintahan Shah Pahlevi dukungan AS membuat AS tidak bisa lagi meneruskan imperialismenya di Iran. Oleh karena itulah, AS melancarkan embargo ini sekaligus juga memprovokasi Irak untuk menginvasi Iran.

Selama perang Irak-Iran, AS merupakan penyuplai utama senjata dan dana bagi Irak, termasuk memberikan bantuan dalam proyek produksi senjata massal yang digunakan rezim Saddam dalam menyerang Iran. Dalam menanggapi embargo ini, Imam Khomeini menyatakan, "Kita jangan pernah takut atas embargo ini. Jika mereka mengembargo kita, kita akan lebih giat bekerja dan hal ini bermanfaat bagi kita. Orang-orang yang takut terhadap embargo hanyalah orang-orang yang menjadi ekonomi dan duniawi sebagai tujuan hidupnya semata."

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More