1980: Embargo AS Dimulai

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Selasa, 22 Mei 2018, 09:10 WIB On This Day
1980:  Embargo AS Dimulai

ALJAZEERAA

EMBARGO ekonomi mulai dilancarkan AS terhadap Republik Islam Iran. Kemenangan revolusi Islam yang membuat tergulingnya pemerintahan Shah Pahlevi dukungan AS membuat AS tidak bisa lagi meneruskan imperialismenya di Iran. Oleh karena itulah, AS melancarkan embargo ini sekaligus juga memprovokasi Irak untuk menginvasi Iran.

Selama perang Irak-Iran, AS merupakan penyuplai utama senjata dan dana bagi Irak, termasuk memberikan bantuan dalam proyek produksi senjata massal yang digunakan rezim Saddam dalam menyerang Iran. Dalam menanggapi embargo ini, Imam Khomeini menyatakan, "Kita jangan pernah takut atas embargo ini. Jika mereka mengembargo kita, kita akan lebih giat bekerja dan hal ini bermanfaat bagi kita. Orang-orang yang takut terhadap embargo hanyalah orang-orang yang menjadi ekonomi dan duniawi sebagai tujuan hidupnya semata."

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More