1968: Scorpion Tenggelam

Penulis: History | BBC | Dok.MI Pada: Selasa, 22 Mei 2018, 09:00 WIB On This Day
1968:  Scorpion Tenggelam

wikipedia

KAPAL selam bertenaga nuklir USS Scorpion (SSN-589) tenggelam bersama 99 awak yang berada di dalam Kapal Selam Azores yang panjangnya 400 mil. USS Scorpion merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelas Skipjack milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Scorpion yang dinyatakan hilang pada 5 Juni 1968 itu salah satu kapal selam Angkatan Laut AS yang hilang di laut dalam keadaan tidak perang dan merupakan salah satu dari dua kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut AS yang pernah hilang. Satu kapal selam bertenaga nuklir lain yang hilang ialah USS Thresher (SSN-593), yang tenggelam pada 10 April 1963 di pesisir pantai New England.

Pada akhir Oktober 1967, Scorpion memperbarui sistem pelatihan dan persenjataan serta mendapat komandan baru, yaitu Francis Slattery. Pada 15 Februari 1968 Scorpion memulai perjalanan menuju Laut Mediterania menuju kampung halamannya. Di perjalanan Scorpion mengalami kerusakan, yaitu tidak berfungsinya sistem pendingin karena ada kebocoran freon. Pada 21 Mei, Scorpion mengirim pesan radio ke Naval Station Rota di Spanyol, tetapi hanya dapat ditangkap stasiun komunikasi angkatan laut di Nea Makri, Yunani. Setelah itu, tidak ada lagi komunikasi. Diduga, Scorpion tenggelam di Samudra Atlantik pada 22 Mei setelah mengalami ledakan hebat dalam perjalanan dari Gibraltar ke pelabuhan di Norfolk, Virginia.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More