Merindu Wewangian Khas Ramadan

Penulis: Micom Pada: Senin, 21 Mei 2018, 12:07 WIB Tradisi
Merindu Wewangian Khas Ramadan

MI/LILIEK DHARMAWAN

RAGAM tradisi masih dijalankan di berbagai daerah, termasuk sebelum Ramadan, tak terkecuali mandi dan keramas beramai-ramai di sungai. Di kalangan adat Minangkabau, acara tersebut dinamai mandi balimau atau mandi dan berkeramas dengan air jeruk nipis.

Namun, di Gorontalo tradisi keramas menjelang Ramadan disebut bacoho. Warga berkeramas menggunakan berbagai dedaunan yang beraroma wangi sebagai sampo alami untuk mencuci rambut.

"Bacoho umumnya dilakukan anak perempuan, tapi laki-laki juga tidak masalah. Kami biasanya melakukannya sehari sebelum Ramadan atau pada hari pertama puasa," kata Samin Poiyo, 57, salah seorang warga Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, yang masih melestarikan tradisi tersebut dan menerapkan pada cucu perempuannya, Kamis (17/5).

Bahan yang digunakan untuk membuat sampo dalam tradisi bacoho terdiri atas kelapa parut yang dicampur dengan daun jeruk, daun pandan, kulit jeruk, sereh, daun kunyit, dan nilam. Daun-daun tersebut dicincang lalu dipanaskan di atas bara api.

Menurutnya, keramas dan mandi dengan bahan racikan tradisional membuat badan lebih segar dan wangi lebih lama. "Bagi kami, wewangian seperti itu sangat khas Ramadan. Itu yang selalu kami rindukan," ucapnya.

Papajar

Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, warga menjalankan tradisi makan bersama sebelum menjalankan ibadah puasa di tempat wisata atau di ruang terbuka lainnya. Tradisi ini disebut papajar.

Menu makan bersama umumnya terdiri atas nasi liwet dengan berbagai lauk, sambal, lalap, plus kerupuk. Tradisi tersebut bisa dilakukan sekelompok orang yang terdiri atas beberapa keluarga, mereka yang bertetangga, bahkan antarteman dalam satu kantor.

Momentum tersebut sekaligus dijadikan sebagai ajang silaturahim dan bermaaf-maafan sebelum menjalankan ibadah puasa seperti yang dilakukan jajaran Polres Cianjur, Selasa (15/5), menjelang salat Magrib. (H-5)

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Jumat, 17 Agu 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More