Ibadah Puasa Dapat Melembutkan Hati

Penulis: Liliek Dharmawan Pada: Sabtu, 19 Mei 2018, 08:44 WIB Pernik
Ibadah Puasa Dapat Melembutkan Hati

ANTARA/Irwansyah Putra

IBADAH puasa yang kini dijalani umat muslim memberikan dampak positif yang luar biasa. Bahkan, rasa lapar justru akan melembutkan hati serta mengundang kepedulian sosial.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Purbalingga, Jawa Tengah, KH Roghib Abdurrahman saat pengajian di hadapan aparatur sipil negara (ASN) Purbalingga, kemarin (Jumat, 18/5/2018(.

“Ibadah puasa itu memang lapar. Tetapi, Imam Al Ghozali memandang ada berbagai macam faedah yang diperoleh ketika lapar. Rasa lapar ternyata akan melembutkan hati. Dengan kelembutan hati, akan memudahkan bermunajat dan menerima nasihat. Di sisi lain, lapar juga akan meningkatkan rasa kepedulian sosial,” ujarnya.

Menurutnya, lapar juga dapat mencerdaskan sebab terlalu kenyang malah kerap membuat pola pikir menurun. Manfaat lainnya ialah meredam keinginan untuk melakukan kemaksiatan.

“Saat berpuasa, energi juga berkurang sehingga cenderung membuang perbuatan buruk yang membutuhkan energi,” katanya. Dengan berpuasa, tubuh juga lebih sehat. Dengan sedikitnya makanan yang masuk ke perut, potensi penyakit menurun dan organ-organ tubuh beristirahat. (LD/H-1)

 

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 23 Jun 2018 / Ramadan 1439 H
Wilayah Jakarta Barat
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dhuha : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK

Read More