Menpora Apresiasi Keberhasilan Tim WISSEMU Capai Puncak Everest

Penulis: Gervin Nathaniel Purba Pada: Jumat, 18 Mei 2018, 11:14 WIB Humaniora
Menpora Apresiasi Keberhasilan Tim WISSEMU Capai Puncak Everest

Dok. Wissemu
Mathilda Dwi Lestari (kiri) dan Fransiska Dimitri Inkiriwang saat berada di basecamp pendakian Everest, Tibet

TIM WISSEMU (The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar) yang terdiri atas Mathilda Dwi Lestari, 24, dan Fransiska Dimitri Inkiriwang, 24, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Everest (8.850 mdpl), puncak tertinggi di bumi pada Kamis (17/5).

Pencapaian ini menggenapkan perjalanan panjang Tim WISSEMU sejak pertama kali meraih puncak dari tujuh puncak di tujuh lempeng benua pada 13 Agustus 2014, di Ndugu-ndugu atau Carstensz Pyramid, Papua.

Selanjutnya, dengan perjuangan tanpa mengenal lelah, Tim WISSEMU perlahan meraih puncak-puncak lainnya yaitu Elbrus (Rusia), Kilimanjaro (Tanzania), Aconcagua (Argentina), Vinson Massif (Antartika), dan Denali (AS).

Dari Everest Base Camp dengan ketinggian 5.150 mdpl, tim WISSEMU membutuhkan enam hari untuk mencapai puncak Everest.

Pendakian menuju puncak ini dimulai pukul 00.47 pada hari yang sama dengan tim berhasil menggapai puncak, dari tempat tim bermalam di lereng gunung dengan kemiringan 30 derajat.

Perjalanan mereka tidak mudah, harus melewati beberapa medan ekstrem Mushroom Rock, Third Step, Final Snow Slope, dan The Dihedral, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Dari Camp 3 menuju puncak, tim WISSEMU harus melewati jurang teramat dalam yang menganga di sisi kiri dan kanan para pendaki.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memuji keberhasilan tim WISEMU mencapai puncak Everest.

"Luar biasa, Mathilda Dwi Lestari dan Fransiska Dimitri Inkiriwang dari Mahitala Universitas Parahyangan Bandung tercatat sejarah sebagai perempuan pertama asal Indonesia yang berhasil mencapai puncak Everest. Masih muda dan punya semangat dengan mental yang kuat untuk menaklukkan puncak tertinggi dunia. Semoga menjadi inspirasi anak-anak muda lain untuk menggapai cita-citanya," kata Imam dalam dari keterangan tertulisnya, Jumat (18/5).

Dengan dikibarkannya bendera Merah Putih di tengah embusan angin dingin puncak Everest, Indonesia kini memiliki dua perempuan pertama di Asia Tenggara yang memiliki gelar Seven Summiteers versi Reinhold Messner. Untuk diketahui, Messner pula yang menetapkan bahwa puncak tertinggi di lempeng benua Australia adalah Carstensz. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More